Pemkab dan Pemko Himbau Warga Waspadai Virus Corona

oleh

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan Pemko Payakumbuh melalui masing-masing Dinas Kesehatan menghimbau masyarakat di daerahnya untuk mewaspadai Virus Corona yang saat ini telah menelan korban di Negara Tiongkok. Meski hingga saat ini di dua daerah itu bertetangga itu belum terdeteksi adanya warga yang terkena Virus tersebut, namun upaya pencegahan/antisipasi dinilai sebgai hal yang paling tepat.

Bila terjadi gejala batuk diiringi sesak napas yang diderita masyarakat segera melaporkannya ke Puskesmas terdekat. Rumah Sakit Ahmad Darwis yang ada Suliki dan Puskesmas perlu memantau bila ada gejala virus corona dan melaporkannya ke Dinas Kesehatan setempat. Bila muncul tanda tanda terjadi penyakit yang disebabkan oleh Virus Corona itu.

“ Tentu kita telah melakukan Sosialiasi tengah-tengah masyarakat melalui Puskesmas dan petugas medis yang ada untuk melakukan pencegahan, selain itu kita juga telah membuat edaran sebagai bentuk tindak lanjut dari edaran dari Pemerintah Propinsi Sumbar.” Sebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Tien Septino melalui Kepala Bidang (Kabid) P2P Desmawita didampingi Kasi SIPKK dr. Yulfaroza, Rabu siang 29 Januari 2020.

dr. Yulfaroza juga menambahkan, pihaknya juga telah menyebarkan surat pemberitahuan sekaitan dengan virus Corona, baik ke RSUD Ahmad Darwis Suliki dan Puskemas yang ada di seluruh Kecamatan, agar jajaran Kesehatan menggiatkan surveilands aktif RS dan Surveilands pasif RS di setiap rumah sakit agar pro aktif melaporkan kejadian penyakit berpotensi kejadian luar biasa termasuk kejadian pnumonia.

“ Selain meningkatkan sistim kewaspadaan dengan memantau semua penyakit yang menyerupai influenza yang dilaporkan Puskesmas melalui sistim SKDR (Sistim Kewaspadaan Dini Respon). Untuk mencegah penularan virus perlu dilakukan sosialisasi etika batuk, baik bagi pasien, petugas maupun pengunjung Puskesmas melalui pembuatan buner.” Ucapnya.

Termasuk pembuatan APD yang memadai, pemantauan pemakaian APD oleh pasien dan petugas. Menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan cuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar. Sangat diperlukan warga mengenal atau harus tau gejala Corona, hindari kontak ditempat yang ramai dan menggunakan masker.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal menyebutkan bahwa langkah pencegahan adalah hal paling tepat dari Virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhhrizal.

“ Virus Corona saat ini menjadi persoalan utama di Negara-negara luar, termasuk di Indonesia. Kita jangan terlalu panik, sebab hal ini bisa kita atasi/cegah.hal yang paling kita antisipasi adalah, hindarkan sering-sering ke luar rumah atau ke luar daerah/negeri. Jika kena flu, perbanyak istirahat dan perkuat fisik serta banyak minum dan jaga kebersihan diri, tangan dan makanan yang akan kita konsumsi.” Ujarnya.

Mereka yang rentan terkena Virus tersebut menurut Bakhhrizal, adalah mereka yang kelelahan dan mereka yang punya gangguan kesehatan termasuk mereka yang terkena infeksi tenggorokan dan anak-anak sekalipun. (Edw).