Musrenbang Nagari III Koto, Andrijinil: Kita Bangun Generasi Muda yang Kuat

oleh

Batusangkar, dekadepos.com

Disaat kita melaksanakan Musrenbang , banyak membahas dana pembangunan  dengan peruntukannya  70 persen untuk infrastruktur , dan 30 persen untuk pemberdayaan atau non fisik.

Sebetulnya, tekan Legislator Andrijinil Dt Rangkayo Mulie dalam Musrenbang nagari III Koto, Selasa  (4/2/20), dana nagari itu bisa dimanfaatkan secara terbalik,  70 persen untuk non fisik, dan 30 persen untuk kegiatan infrastruktur.

Berkenan dengan dana pemberdayaan itu, maka pemerintah nagari lebih bisa berbuat untuk kepentingan masyarakat , dan generasi muda. ” Tiba lah saatnya kita membangun generasi muda yang kuat tanpa mengkhuatirkan lemah akal dan fisiknya ” ucap Dt Rangkayo Mulie.

Dana pemberdayaan itu, tambah Andrijinil Dt Rangkayo Mulie bisa digunakan untuk  penyuluhan agama, adat, budaya,  home industri, Pemberdayaan guru agama, guru honor, dan berbagai keterampilan.

Tentang penggunaan dana nagari, ujar Adrijinil Dt Rangkayo Mulie, pemerintah nagari harus punya keberanian asalkan menurut ketentuan, dan prosedur berlaku. Dan perlu diingat sebelum menggunakan dana perlu dirapatkan dulu, ujar Adrijinil.

Dalam kesempatan itu, Wabup Zuldafri Darma mengharapkan masyarakat nagari III Koto tahun 2020 harus membina hubungan baik dan jembatan hati dengan anggota DPRD dapil II yang ada, sehingga apa yang kita harapkan untuk pembangunan nagari III Koto bisa direalisasikan.

Sementara, wali nagari III Kota M Hatta pada kesempatan itu melaporkan penggunaan APB ( Anggaran pendapatan belanja) Nagari III Koto tahun 2019, dan tahun 2020 serta rencana anggaran  pembangunan 2021.

Aktivitas musrenbang nagari cukup meriah yang dibuka Wali Nagari III Koto M Hatta itu dihadiri Ketua tim Musrenbang Tanah Datar In Hendri Abbas, legislator  Herman Sugiarto, Abu Bakar,  Ali Muhar, Forkopimca  Rambatan, para wali nagari, pemuka masyarakat, anggota PKK, dan undangan. (hatiar)