Irfan Maizora: Jalan Tembus Seipatai ke Kabupaten 50 Kota Untungkan Masyarakat

oleh

Batusangkar, dekadepos.com

Harapan masyarakat nagari Seipatai, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar, membuka jalan baru Lurah Sikuniang Kobun yang tembus ke Situjuah Ladang Laweh, Kabupaten 50 kota sepanjang  4 , 5 Km terkendala lantaran jalan tersebut termasuk hutan produksi.

Oleh karena itu, Wali Nagari Seipatai Kecamatan Sungayang Irfan Maizora didampingi Kasi Kesra Nagari Dafri Seipatai mengharapkan pemerintah daerah Tanah Datar dapat berkoordinasi dengan BKSDA (Balai Konservasi sumber daya alam) Tanah Datar bisa membebaskan hutan produksi untuk direalisasikan eksistensinya.

Jika dibebaskan jalan hutan produksi itu, ucap Wali Irfan Zaimora banyak keuntungan yang diperoleh ,yaitu, jalan itu adalah urat nadi ekonomi masyarakat, membuka akses ke 50 Kota, menambah lahan sawah, pariwisata Ngalau Aia Luluih dan akan membuka jalan lingkar sampai Andaleh Baru Bukit Kecamatan Sungayang.

Akses ke 50 kota tersebut memiliki panjang jalan sekitar 4,5 Km. 2 Km dibuka tahun 2000 , dan saat ini, 2,5 KM sedang dibuka dengan Goro masyarakat nagari Seipatai. Kita benar-benar mengharapkan jalan itu bisa direalisasikan, apa lagi masyarakat bersedia membebaskan lahan miliknya demi terealisasi jalan masuk itu ,” ujar Mak Itam panggilan akrab wali Irfan Zaimora.

Disamping itu, legislator DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahri, Dt Indo Marajo nan Bapayuang Ameh juga menghimbau pemerintah daerah Tanah Datar bisa berembuk dengan pihak dinas kehutanan agar memberi izin pembukaan jalan baru tembus ke kabupaten 50 Kota. Jalan yang dibuka itu adalah urat nadi ekonomi masyarakat, pungkas Nurhamdi Zahri Dt Indo Marajo nan Bapayuang Ameh.(hatiar)