Bencana Sijunjung: Jembatan Putus, Rumah Hanyut, Hewan Ternak Hilang

oleh

Sijunjung, dekadepos.com

Bencana alam kembali melanda Kabupaten Sijunjung, Ranah Lansek manih, Sumatera Barat. Akibat hujan deras sepajang jumat (07-02-2020) malam hingga sabtu (08-02-2020) dini hari membuat beberapa sungai di daerah itu meluap.

Seperti, di Nagari Batu Manjulur, Kecamatan Kupitan membuat satu jembatan putus dan satu rumah warga hanyut terbawah arus banjir.

Selain di Kecamatan Kupitan, Kecamatan IV Nagari tepatnya penghubung jalan nagari muaro bodi dan nagari mundam sakti juga putus total akibat luapan sungai batang palangki.

Saat dikonfirmasi, Tim BPBD Sijunjung, Haries membenarkan kejadian itu.

“Ya, di Kecamatan Kupitan pada pukul 06.30 WIB dan di Kecamatan IV Nagari pada pukul 08.00 WIB benar adanya banjir. Akibat banjir itu satu unit jembatan dan satu unit rumah warga semi permanen serta belasan pondok di Nagari Batu Manjulur, Kecamatan Kupitan hanyut terbawah arus sungai,” ungkapnya.

Kemudian, hewan ternak warga juga banyak hilang terbawah arus sungai, seperti satu ekor kerbau, delapan ekor sapi, 23 ekor kambing dan 50 ekor kambing, jelasnya.

Selain itu dikatakan Haries, di Kecamatan IV Nagari tepatnya jalan penghubung Nagari Muaro Bodi dan Nagari Mundam Sakti putus total akibat luapan sungai batang palangki.

“Akibat banjir di Kecamatan IV Nagari, dua unit rumah permanen warga dengan ukuran 9×6 terendam banjir dan Alhamdulillah sebagian alat-alat rumah tangga berhasil diselamatkan,” katanya.

Saat ini Petugas Kepolisian, TNI dan Tim BPBD siaga di tempat kejadian bencana guna mengevakuasi warga terjebak banjir dan anak sekolah dalam penyeberangan, tutupnya.(Heru)