SP 2020, Irfendi Tekankan Data Kunci Sukses Pembangun

oleh

Limapuluh Kota, dekadepos.com

Data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan. Dengan data yang berkualitas, perencanaan pembangunan menjadi lebih tajam dan lebih tepat sasaran.

Hal itu ditegaskan Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi dalam sambutannya ketika membuka rapat kopordinasi (rakor) sekaligus pencanangan Sensus Penduduk 2020 (SP 2020) Kabupaten Limapuluh Kota bertempat di aula kantor bupati setempat, Rabu (12/2).

“Kebutuhan akan data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan. Jika data yang dirujuk tidak valid dan tidak update maka kebijakan yang diambil tidak akan dapat menyelesaikan persoalan di tengah masyarakat,” papar Irfendi.

Dikatakan, data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang. Karenanya, data kependudukan tersebut harus akurat. Tak kalah pentingnya, data kependudukan itu memiliki satu sumber, sehingga dapat menjadi pijakan yang kuat dalam merencanakan suatu program maupun kebijakan.

“Manfaat data kependudukan hasil SP 2020 ini semakin luas. Tak hanya buat perencanaan dan proyeksi penduduk sampai tahun 2050, lebih luas lagi juga dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan data administrasi kependudukanyang dikelola Kementerian Dalam Negeri sebagai wujud percepatan pengembangan statistik hayati,” tutur Irfendi.

Menyimak pentingnya SP 2020 tersebut, lebih jauh Irfendi meminta semua pihak mendukung pelaksanaan hajatan nasional dimaksud. Sebab, kunci sukses sensus ini adalah partisipasi masyarakat.

“Kunci sukses SP 2020 adalah partisipasi seluruh elemen bangsa. Karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam SP 2020 ini,” ajak Irfendi sembari mengintruksikan seluruh OPD, camat dan berbagai pihak di daerah ini memberikan dukungannya kepada Badan Pusat Statistik (BPS) daerah setempat.

“Kita mengajak se;uruh perangkat daerah dan pihak terkait lainnya agar berkontribusi dalam pelaksanaan SP 2020. Kepada masyarakat kita himbau agar dapat mengikuti sensus ini untuk terwujudnya data kependudukan yang akurat,” ucap Irfendi.

Sebelumnya Kepala BPS Kabupaten Limapuluh Kota Heri Sulistio, M.Si dalam laporannya senada menyebut, keberhasilan kegiatan yang bertemakan “Menuju Satu Data Kependudukan Untuk Indonesia Maju” tersebut, sangat dipengaruhi oleh partisipassi masyarakat.

“Keberhasilan SP 2020 ini sangat dipengaruhi beberapa faktor, terutama partisipasi masyarakat,” ujar Heri.

Menurut Heri, sensus bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran, dan karakteristik penduduk sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.

“Kita sangat berharap, semua elemen masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dan mendukung sepenuhnya SP 2020 ini demi kemajuan Indonesia,” tuntasnya.

Dalam acara Rakor dan pencanangan SP 2020 tersebut juga digelar penandatanganan bersama komitmen dan dukungan penuh pelaksaaan SP 2020 dalam rangka mewujudkan satu data kependudukan Indonesia untuk Indonesia maju yang dilakukan bupati dan unsur Forkopimda dan institusi serta segenap lapisan masyarakat.

Acara ikut dihadiri seluruh OPD, unsur Forkopimda dan berbagai elemen masyarakat. (edw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *