Pasar Sumani Diamuk Sijago Merah, 6 Unit Toko Hagus Terbakar

oleh

SOLOK, Dekadepos.com

Musibah seperti tidak henti-hentinya melanda bumi bareh Solok. Setelah pada Minggu lalu banjir dan longsor mengepung bumi penghasil bareh tanamo itu, maka pada Sabtu Malam Minggu (15/2), sekira pukul 20.30 Wib, musibah kebakaran juga menimpa 6 unit petak toko di Pasar Sumani, Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak.

Kapolres Kota (Polresta) Solok, AKBP Ferry Suwandi, S. Ik, melalui Kapolsek X Koto Dibawah Singkarak, Iptu Ahmad Ramadhan, SH, MH, menyebutkan bahwa dugaan sementara penyebab kebakaran adalah akibat konsletting listrik.

Adapun kronologis kejadian, menurut Kapolsek yakni bahwa sekira pukul 20.30 Wib, seorang saksi warga setempat yang bernama Rio, mendengar teriakan orang minta tolong yakni pemilik toko Laskar yang bernama Murdiani.

Kemudian saudara Rio mendatangi orang yang berteriak tersebut dan selanjutnya melihat ada api yang muncul dari dalam Toko Laskar milik Murdiani. Selanjutnya Rio meminta tolong kepada saksi lain yang ada ditempat kejadian dan selanjutnya berusaha untuk memadamkan api karena keterbatasan alat. “Api dengan cepat menghanguskan karena toko yang terbakar menjual alat-alat yang mudah terbakar seperti plastik, ” sebut Iptu Defrianto. Beberapa orang warga juga membantu menghubungi unit pemadam kebakaran.

Selanjutnya api dengan cepat membesar serta menyebar dan melumat habis sebanyak 6 petak ruko.

“Selang dalam waktu 15 menit, api dapat dipadamkan oleh warga dengan bantuan 4 unit mobil Damkar yang datang dari Kota Solok dan 2 unit mobil damkar dari Kabupaten Solok.

Meski tidak ada korban jiwa, Kerugian materiel akibat musibah tersebut berupa kerugian materil barang sebesar Rp.275.000.000,- (Dua ratus tujuh puluh lima juta rupiah), Kerugian bangunan ditaksirRp.200.000.000,- (Dua ratus juta rupiah atau total kerugian mencapai Rp. 475.000.000,- (Empat ratus tujuh puluh lima juta rupiah)

Adapun pemilik toko yang memgalami kerugian akibat tokonya terbakar adalah toko Laskar Menjual barang PMD/sembako, bernama Murdiani (50), Kemudian Pemilik Toko Yola Plastik yang mana toko tersebut menual Plastik, Karpet sebanyak dua toko milik Jhon Hersyah Dt. Tumangguang (54), Selanjutnya toko yang terbakar adalah Milik Iswandi (35) sebagai pemilik Ruko Rental Playstation yakni 2 toko.

Beruntung api tidak sampai meluas dan dalam selang waktu 15 menit api dapat dipadamkan oleh warga dengan bantuan 4 unit mobil pemadam dari Damkar Kota Solok sebanyak 2 unit mobil dan dari mobil Damkar dari Kabupaten Solok juga 2 unit.

“Kita masih mendalami apa penyebab kebakaran yang sebenarnya. Namun dugaan sementara akibat konsletting listrik, ” sebut Iptu Ahmad Ramadhan.

Ditinjau Wabup Solok

Usai mendapat laporan kebakaran, Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, langsung menuju Sumani untuk melihat langsung kebakaran tersebut.
Didampingi Kapolsek dan Walinagari Sumani, Masri Bakar dan beberapa orang tokoh Sumani, Wabup menyampaikan rasa duka dan keprihatinan yang mendalam atas musibah tersebut.

“Ya, kita benar-benar lagi diuji. Musbah banjir banjir dan longsor belum usai melanda bumi Kabupaten kita, kini datang lagi musibah kebakaran. Semoga kita berada tetap dalam kesabaran, ” harap H. Yulfadri Nurdin, SH.

Wabup berharap Dinas BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Solok cepat mendata korban dan segera mencari solusi agar hal tersebut bisa segera diatasi (jarbat)