Siaga Bencana, Bupati Yuswir Arifin Ajak Tingkatkan Kebersamaan

oleh

Sijunjung, dekadepos.com

Pemerintah Kabupaten Sijunjung terus melakukan antisipasi dan kesiapsiagaan dari seluruh jajaran serta instansi terkait dalam menangani segala kemungkinan bencana yang terjadi di Ranah Lansek Manih.

Salah satunya dengan menggelar apel siaga bencana di Simpang Tugu Muaro, Depan Kantor BPBD setempat, Rabu (19/2). Apel siaga bencana itu dipimpin langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin.

Apel tersebut diawali pemeriksaan pasukan dan peralatan yang ada oleh Bupati Yuswir Arifin didampingi Wakil Bupati Arrival Boy serta Unsur Forkopimda.

Dalam sambutannya, Bupati Yuswir Arifin menyampaikan bahwa pelaksanaan apel hari ini merupakan UU No 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

“Penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama pemerintah daerah dan masyarakat serta terintegrasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional, yang dilaksanakan secara terkoordinasi, terpadu dan menyeluruh,” ungkapnya.

Dikatakan Bupati, menyikapi perubahan iklim global yang terjadi pada periode November 2019 hingga bulan Maret 2020 akan datang, BMKG telah memperkirakan akan terjadi cuaca ekstrim dengan curah hujan tertinggi di Indonesia, termasuk Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk itu, melalui apel siaga bencana ini mari kita tingkatkan kebersamaan dalam penanggulangan bencana sesuai dengan UU No 24 Tahun 2007, dimana penanggulangan bencana merupakan tanggungjawab bersama Pemerintah, TNI/Polri, Dunia Usaha dan Masyarakat,” jelasnya.

Bupati dua periode itu menambahkan, sebagai bentuk kesiapsiagaan pencegahan lebih dini secara terpadu, dalam menghadapi musim hujan dan terjadinya banjir dan longsor tahun 2020.

“Maka dari itu kita perlu langkah pencegahan agar dapat meminimalisasi terjadinya korban jiwa dan serta kerugian di sektor ekonomi dan uang lainnya. Yang intinya Antisipasi dampak bencana terhadap masyarakat serta mendekatkan SDM, peralatan dan logistik ditempat yang aman pada wilayah yang berpotensi bencana,” paparnya.

Bupati Yuswir juga meminta setelah apel ini dilaksanakan seluruh pemangku kepentingan agar meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang telah terbangun selama ini, bekerja dengan saling bahu membahu.

“Saya harapkan kepada seluruh petugas yang tergabung dalam apel siaga ini agar tetap siaga dan saling bahu-membahu serta memastikan peralatan sudah siap siaga setiap saat,” pungkasnya.(heru)