4 Unit Rumah Tidak Layak Huni, Berhasil Dibedah Lewat Dana Pokir Abd. Rahman

oleh -2.011 views

Bukittinggi.Dekadepos.com-

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui anggaran pokok-pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Bukittinggi, Abd.Rahman melaksanakan 4 unit bedah rumah di Kelurahan Aua

Tajungkang Tengah Sawah (ATTS), Kecamanatan Guguak Panjang.

Pelaksanaan bedah rumah itu diserahkan dan sekaligus ditinjau oleh Abd. Rahman bersama Lurah Aua Tajungkang Tengah Sawah, Romario Putra. Kabid Perumahan, Kawasan Pemungkiman, Dinas Perkim,Rahmi serta RW dan RT, Jumat lalu (17/9/2021).

Anggota DPRD Kota Bukittinggi dari PKB, Abd Rahman pada kesempatan itu mengatakan, dari Rp1 Miliar anggaran Pokir anggota DPRD Bukittinggi, Rp700 juta lebih diantaranya dialokasikan untuk masyarakat Kelurahan Aua Tajung

kang Tengah Sawah (ATTS),Kecamatan Guguak Panjang ini.

“Anggaran itu dialokasian,untuk bidang sosial kemasyarakatan, keagamaan, Pendidikan dan ekonomi serta pembangunan fisik berupa bedah rumah dan pembangunan drainase,”ujar Abd.Rahman.

Dikatakannya, selaku mantan Lurah ATTS sebelum terjun ke Lembaga Legislatif, tahu persis dengan kondisi Kelurahan ATTS, dan cukup banyak yang harus dilakukan untuk ATTS ini. Namun karena ia maju sebagai anggota DPRD dari Dapil Kec.

Guguak Panjang, tentu semua Kelurahan yang ada di Kec.Guguak Panjang menjadi perhatiannya, bahkan juga Kelurahan lain di Kecamatan lainnya.

Artinya, anggaran Pokir yang dimiliki selaku anggota DPRD,tentu akan dibagikan kepada Kelurahan yang ada di Kecamanatn Guguak Panjang dan Kelurahan lainnya, dan mohon maaf, untuk tahun ini agak dilebihkan Kelurahan ATTS sedikit, karena cukup banyak masyarakat ATTS yang harus dibantu, ujar Abd.Rahman.

Terkait dengan bedah rumah ini, Abd.Rahman juga minta maaf, sebenarnya cukup banyak rumah masyarakat yang ada dui Kelurahan ATTS, tetapi karena anggaran yang terbatas dan lambatnya proposal yang masuk, sehingga untuk

tahun ini hanya 4 unit rumah saja yang dapat dilakukan perbaikan atau bedah rumah, dengan total anggaran sebesar Rp75 Juta atau masing-masingnya mendapat anggaran bedah rumah sebesar Rp18.750.000,-ungkap Abd.Rahman.

Kemudian, disebutkan juga kalau untuk bedah rumah ini, selain proposal yang masuk, untuk kelayakan di bedah atau tidaknya rumah masyarakat itu ditentukan oleh Lurah bersama RW dan RT, kata politisi PKB tersebut.

Kepada penerima bantuan bedah rumah ini, Abd.Rahman menghimbau untuk dapat bersyukur kepada Allah SWT, sebab melalui bantuan Pokir ini, rumah yang tadinya dikatakan tidak layak, sekarang dibedah menjadi rumah yang layak

huni.

“Untuk itu peliharalah rumah itu dengan baik, sebab rumah juga surga dalam rumah tangga, ujar Abd.Rahman.

Ditambahkan Abd.Rahman semua pokir yang dikucurkannya ke masyarakat, bertujuan untuk peningkatan ekonomi, pendidikan dan memperkuat rasa keagamaan masyarakat serta memperkuat para pemuda di Kelurahan.

Lurah ATTS, Romario Putra pada kesempatan itu mengucapkan rasa terima kasih kepada anggota DPRD Abd.Rahman yang telah memberikan perhatian kepada Kelurahan ATTS berupa kucuran bantuan pokirnya. Sehingga dengan bantuan itu, Kelurahan ATTS dapat terus berbenah diri

Terkait dengan Bedah rumah yang dilaksanakan di Kelurahan ATTS, pihak Kelurahan bersama RW dan RT langsung turun ke lapangan untuk memantau progres pembangunannya, dan sekaligus untuk mengetahui apa-apa saja yang menjadi kendala di lapangan, kata Romario Putra menambahkan.

Adapun 4 warga yang menerima bantuan bedah rumah itu masing masing, Syafrial, Fitrizal, Nur Azmi dan Osfiani.

Rahmi, Kabid Perumahan Kawasan Pemukiman, Dinas Perkim menyebutkan, bedah rumah ini merupakan usulan pokir bapak Abd.Rahman yang diakomodir pada tahun 2021 ini untuk 4 orang.

Total anggaran bedah rumah ini sebesar Rp.75 juta, yang masing-masingnya mendapat Rp.18.750.000,- Untuk Tahap I telah dicairkan 50 porsen dari total anggaran yang tersedia, ujar Rahmi menambahkan pekerjaan bedah rumah ini sudah dimulai semenjak beberapa waktu yang lalu dan

sekarang progres pekerjaan sudah mencapai 75 persen.

Sementara itu yang mewakili 3 penerima bedah rumah lainnya, sangat berterima kasih kepada bapak Abd. Rahman selaku anggota dewan yang memberikan bantuan pokirnya.

“Sehingga bantuan itu telah dapat merubah nasib kami,yang semula memiliki rumah seadanya, sekarang telah menjadi rumah yang layak huni, “ kata Syafrial. (Edis)

No More Posts Available.

No more pages to load.