76 Pendaftar Relawan Demokrasi Bukittinggi Lolos Seleksi Administrasi

oleh -256 views

Bukittinggi,Dekadepos.com.

Dari 76 orang yang mendaftar menjadi Relawan Demokrasi (relasi) untuk pemilu 2019 di Bukittinggi,semuanya dinyatakan lolos seleksi administrasi.Dan Selasa (15/1) kemaren, semuanya mengikuti seleksi wawancara di kantor KPU Bukittinggi,

Ketua KPU Bukittinggi,Benny Aziz,menjelaskan, KPU membentuk Relawan De mokrasi untuk membantu sosialisasi pelaksanaan pemilu serentak 2019. Para Relasi Demopkrasi nantinya akan dibagi dalam 11 basis yang telah ditentukanKPU.

“Setelah kita buka pendaftaran sejak 11 hingga 14 Januari lalu, KPU melaku kan pemeriksaan berkas administrasi para peserta. Dari seleksi administrasi itu, 76 para pendaftar mengikuti seleksi wawancara bersama para komisioner KPU,” jelasnya.

Ke 11 basis tersebut,masing masingnya, basis keluarga, basis pemilih pemu la,basis pemilih muda,basis pemilih perempuan,basis pemilih penyandang disabili tas , basis pemilih keagamaan, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis pemilih kaum marginal, basis pemilih komunitas, basis pemilih netizen (warga internet) dan basis pemilih relawan demokrasi.

“Jadi, para Relawan Demokrasi ini bertugas mensosialisasikan tahapan pe milu di setiap basis yang ditunjuk nantinya. Sehingga diharapkan dengan strategi ini, partisipa si pemilih pada pemilu 2019 pada 17 April mendatang meningkat dan para pemilihdapat memberikan hak pilihnya sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” ujarĀ  Beny didampingi komisioner KPU Bukittinggi lainnya.

Hasil seleksi wawancara calon relawan demokrasi ini akan disampaikan pa da tanggal 17 Januari 2019 melalui website resmi KPU Bukittinggi dan media sosi al. KPU akan menerima 55 relawan demokrasi, dimana nantinya direncanakan, se tiap basis akan diisi oleh 5 orang Relawan Demokrasi.(Edis)