Ada Air Terjun 7 Tingkat dan Lubuk Tagaghu di Nagari Pangkalan

KABUPATEN Limapuluh Kota memang dikenal sebagai daerah yang banyak memiliki objek wisata alam yang memukau. Selain objek wisata alam Lembah Harau dan Kelok Sembilan yang sudah mendunia, ada pula objek wisata air terjun 7 tingkat berlokasi di Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Kotobaru, yang memiliki pesona dan daya tarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Meski objek wisata Air Terjun 7 Tingkat ini belum tergarap secara sempurna, namun bukan berarti objek wisata yang berjarak sekitar 3 kilometer dari pusat ibu kota Kecamatan Pangkalan Kotobaru ini, tak memiliki daya tarik untuk dikunjungi, terutama bagi keluarga yang suka berdarmawisata menikmati keindahan alam yang masih asri dan sejuk.

Bacaan Lainnya

Wali Nagari Pangkalan, Rifdal Laksamano didampingi Sekretaris Nagari, Hari Mandala ketika diwawancarai baru-baru ini menyebutkan bahwa, untuk menggali potensi wisata yang ada di Nagari Pangkalan, pihaknya bersama tokoh masyarakat setempat sudah melakukan peninjauan ke lokasi objek wisata Air Terjun 7 Tingkek yang mulai banyak dikunjungi para pelancong.

“ Objek wisata Air Terjun 7 Tingkek ini lokasinya berada di Jorong Kampungbaru, Nagari Pangkalan. Jaraknya hanya sekitar 3 kilometer dari pusat ibu kecamatan Pangkalan, atau sekitar 2 kilo meter dari pinggir jalan raya nasional Payakumbuh-Riau,” ungkap Rifdal Laksamano.

Diakui Rifdal Laksamano, pemerintah Nagari Pangkalan akan fokus mendukung pembangunan sektor pariwisata yang ada di Nagari Pangkalan, termasuk pengembangan pembangunan kawasan wisata Air Terjun 7 Tingkek.

“Secara resmi, pemerintahan Nagari Pangkalan bersama tokoh masyarajat sudah turun melakukan survei ke lokasi Air Terjun 7 Tingkek yang memiliki pesona alam yang memukau itu. Pada prinsipnya, pemerintah nagari dan sejumlah tokoh masyarakat sudah sepakat akan mengembangkan objek wisata alam Air Terjun 7 Tingkek ini sebagai kawasan wisata yang memiiki potensi untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata yang menarik ,” ujar Rifdal Laksamano.

Diungkapkan Rifdal Laksamano, kalau ada para wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata alam Air Terjun 7 Tingkek ini, dia berani memberikan jaminan bahwa para pelancong tidak akan rugi datang berkunjung ke lokasi objek wisata Air Terjun 7 Tingkek yang berlokasi di kawasan hutan yang masih asri ini.

“ Setiap wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Air Terjun 7 Tingkek ini dipastikan akan puas, karena akan dapat menikmati keindahan alam nan sejuk dengan airnya yang jernih terjun dan mengalir dari puncak bukit berbatu,” ulas Rifdal Laksamano.Dinyatakan Rifdal Laksamano, para wisatawan tak hanya dapat menikmati keindahan alam yang masih dipenuhi tumbuhan kayu dan belukar nan hijau, namun dapat menikmati kesejukan air terjun sambil mandi-mandi ria dan bercengkraa dengan orang-orang yang dicintai.

Puas menikmati keindahan alam Air Terjun 7 Tingkat, wisatawan juga boleh melanjutkan wisatanya ke objek wisata Lubuk Tagaghu yang berada di Jorong Banjar Ranah, Nagari Pangkalan.

Di Lubuk Tagaghu ini, para wisatawan akan dapat menikmati kesejukan alam yang diwarnai gemercik air yang mengalir disela-sela bebatuan. Sesekali, kicuan burung terdengar sayub-sayup sampai meningkahi kedamaian alam.

Berkunjung ke objek wisata Air Terjun 7 Tingkat dan Lubuak Tagaghu, para wisatawan tak hanya dapat menikmati keindahan alamnya saja. Namun juga dapat melihat dari dekat aktifitas para petani karet dan gambir yang sedang mengolah perkebunan mereka menjadi komoditi andalan yang telah tersohor di seantero dunia.  (doddy sastra)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *