Ada Rasa Haru Dibalik Kegelisahan Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang Berakhir Bahagia

oleh

KECAMUK jiwa, gamang dan gundah gulana jelang mengambil keputusan akan mempersunting Ibu Nevi Zulvia Nasrun, sepertinya bergejolak hebat dalam sanubari Safaruddin Dt.Bandaro Rajo.

Agaknya, tak mudah bagi seorang Safaruddin Dt.Bandaro Rajo menjatuhkan pilihan, karena ada sepotong kenangan manis masa lalu bersama istri tercinta yang telah pergi meninggalkan dirinya untuk selama-lamanya, terasa sulit terlupakan. Namun, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo harus rela dan ikhlas menerima taqdir dan kehendak ilahi.

Akhirnya, kegundahan jiwa Safaruddin Dt.Bandaro Rajo berakhir dengan damai, setelah keluarga, anak, cucu dan menantunya memberikan dorongan bahwa memilih jalan hidup bersama Ibu Nevi Zulvia Nasrun adalah pilihan untuk menapak lebih pasti mencapai ridho Allah.

Inilah sepotong kegelisahan jiwa yang sengaja ditulis Safaruddin Dt.Bandaro Rajo di media sosial facebook yang mengungkapkan tentang makna dan kegamangan itu. Ada keharuan dibalik tulisannya itu.

MOHON DO’A RESTU

Kepada seluruh dunsanak, keluarga, handai taulan, bapak ibuk dan saudara, kakak dan adik-adik, anak dan para kemenakan, seluruh masyarakat kabupaten Limupuluh Kota, ketek indak basabuik namo, gadang indak baimbauan gala, tertuju kepada semuanya.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Tiada terlintas dalam angan, tak pernah pula menjadi sebuah pengharapan, dari lubuk hati yang paling dalam, semenjak dulu hanya ada fikiran untuk menikah dengan seorang perempuan saja, ya hanya dengan seorang, tidak lebih.

Namun Qadarullah berkata lain, man purposses, God disposses kata orang bijak, manusia menyusun rencana, namun Tuhan juga berbuat dengan sekehendakNYA, rencana Allah jualah yang pasti terlaksana.

Semenjak meninggalnya isteri saya dan ibu dari anak-anak kami (semoga Allah SwT mengampuni dosanya, dan menempatkannya di surgaNYA), beberapa teman menyarankan untuk kembali menyusun bahtera rumah tangga, tersebab beban sebagai Kepala Daerah sangatlah berat, perlu ada  penyemangat dan pendamping yang akan mengurus hal-hal yang tak mungkin dan tak patut orang lain mengurusnya, tempat berbagi keluh dan kesah, tempat menuangkan rasa gundah dan berbagi kebahagiaan.

Saya tentu menyadari hal tersebut, akan tetapi tidaklah mudah mengambil keputusan sendiri, ada anak anak dan cucu yang perlu dimintai dukungan dan pendapatnya.

Ternyata, mereka semua, anak anak saya serta menantu dan cucu jauh lebih dewasa dari apa yang saya kira, mereka ikhlas seikhlas namanya (salah satu anak saya bernama Doni Ikhlas), bahkan ikut mendorong dan mengiringi dengan suka cita.

Terima kasih anak-anakku, menantu dan cucuku, dukungan dan semangat dari kalian selama ini pada papa dan atuk, telah menghadirkan kegembiraan yang tiada terkira.

Papa dan atuk mencintai kalian semua, untuk kalianlah selama ini papa melakukan banyak hal, terima kasih atas dukungan kalian semua, dan kita jangan pernah lupa mendoakan mendiang ibu dan nenek kalian setiap selesai shalat fardhu.

Setelah semua itu, akhirnya, Kamis 25 Maret 2021 kemarin, saya melangsungkan akad nikah dengan seorang wanita asal kecamatan Guguak yang berdomisili di Jakarta. Nevi Zulvia Nasrun, itu namanya, yang segera beralih status menjadi ibu dan nenek bagi anak menantu dan cucu saya, menjadi pendamping hidup saya kedepannya.

Kepada kita semua, do’akan kami agar menjadi keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Dan dengan menyusun jari yang sepuluh kami mohon maaf yang tak terkira kepada semua pihak, tersebab pandemi Covid-19 yang masih belum terkendali, kami tak bisa mengundang kita semua pada kegiatan akad nikah kami maupun dalam walimah sederhana kami.

Hanya do’a kita semua yang kami harapkan, semoga kedepan, ini menjadi langkah baik bagi saya sebagai Bupati Limapuluh Kota, untuk terus bisa bekerja demi kesejahteraan daerah dan masyarakat Limapuluh Kota semuanya.

Terima kasih atas do’a dan restunya.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Selamat menempuh hidup baru Bapak Safaruddin Dt.Bandaro Rajo dan Ibu Nevi Zulvia Nasrun. Semoga kebahagian selalu menyertai bagi ke dua hati yang telah bersatu. (doddy sastra)