Ade Ria: Prihatin Lihat Kondisi Jalur Pendakian Gunung Marapi

oleh

BUKITTINGGI, dekadepos.com-

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Agam, Ade Ria, sangat prihatin
melihat kondisi jalur pendakian Gunung Marapi yang penuh dengan
tumpukan sampah. Sehingga kondisi itu membuat alam Gunung Marapi tercemar dengan sampah, dan perlu perhatian kita semua untuk keselamatan alam Gunung Marapi dan masyarakat sekitar serta keselamatan dan kenyamanan pendaki Gunung Marapi.

Hal itu diungkan Ade Ria setelah secara langsung menelusuri jalur pendakian puncak Merapi selama 12 jam pulang-pergi,Sabtu (23/1).

Dikatakan, Politisi wanita Partai Demokrat itu, dalam kegiatan bersih-bersih Gunung Marapi bersama kelompok pecinta alam dicetusnya, bahwa dirinya ingin sekali untuk melihat kondisi jalur pendakian Gunung Marapi ini secara langsung mulai dari dasar sampai ke puncak gunung.

Maka, Sabtu (23/1) sore, Ade Ria didampingi Kelompok
Pencinta Alam, berangkat menuju puncak Merapi. Sepanjang jalur
pendakian yang dilewati, Ade Ria geleng-geleng kepala melihat tumpukan dan serakan sampah yang begitu banyak.

“Kondsisi jalaur pemdakian Gunung Marapi betul-betul memprihatikan ,kiri kanan jalur di penuhi oleh tumpukan sampah. Dan ini harus menjadi perhatian kita semua.Sebab alam Pergunungan ini perlu dilestarikan untuk Kepentingan alam itu sendiri,masyarakat dan keselamatan dan kenyamanan para pendaki Gunung”,ujar Ade Ria.

Alam yang bersih,tentu sangat bermamfaat untuk kita semua,dan
kelestari an alam itu juga terjaga.Setidaknya dengan alam yang bersih membuat hati ini se nang melihatnya dan kita akan slalu menghirup udara yang segar dari alam yang bersih,serta alamnya dapat tumbuh dan berkembang secara asri serta masyarakat petani yang ada sekitar pergunungan dapat menghasilkan hasil tani yang baik dari kelestarian alam Gunung Marapi, ungkap Ade.

Dengan memantau langsung kondisi Pendakian Gunung Marapi itu,Ade Ria selaku anggota DPRD kab.Agam menyimpulkan,kondisi yang dilihatnya di Gunung Marapi itu,sangat memprihatinkan dan membutuhkan perhatian kita semua un tuk penanganan masalah sampah ini.Dan kita perlu manajemen Pengelolaan Wisa ta Marapi,karena banyaknya pendaki Gunung Marapi setiap harinya .

Dan kepada para pendaki Gunung Marapi,tentu kita menghimbau untuk selalu menjaga kelestarian alam Gunung Marapi,dan jangan membuang sampah di jalur pendakian Gunung Marapi.Sebab Gunung Bukan tempat membuang sampah,harap Ade Ria yang sangat mengapresiasi bakti sosial pembersihan sampah Gunung Marapi oleh Kelompok Pecinta alam dari berbagai daerah dan Provinsi yang dicetusnya. (edis)