Akhirnya, Dosen Cabul di Padang Ditahan Polisi

Padang, dekadepos.com

Seorang dosen salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Padang, Sumatera Barat bernisial FY ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus pencubulan yang dilakukannnya kepada seorang mahasiswi berapa waktu lalu.

Menurut, Kabid Humas Polda Sumbar kombes Stefanus Satake Bayu Setianto, penetapan tersangka setelah dilakukan gelar perkara internal, kemudian disimpulkan sebagai tersangka pada Kamis (20/2) lalu.

“Penetapan tersangka setelah gelar perkara,” ujarnya saat dihubungi, Sabtu (29/2/2020).

Dikatakan, pada Jumat (28/2) kemarin FY yang telah berstatus tersangka sudah resmi ditahan usai dilakukan pemeriksaan.

“Benar, setelah dilakukan pemeriksaan sampai malam, tadi malam langsung dilakukan penahanan,” ujar Bayu.

Seperti diberitakan, salah seorang mahasiswi mengalami pelecahan seksual yang dilakukam oleh dosennya sendiri. Diduga pencabulan terjadi di dalam toilet di kampus.

Dugaan pencabulan ini terjadi saat kegiatan mahasiswa. Pelapor mengatakan FY membawa dirinya ke lantai 2 kampus, lalu menariknya ke toilet.

Atas tindakan tersebut, korban melapor pada polisi, 15 Januari 2020 lalu. Kini Dosen berinisial FY itu harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum.

Sementara itu, kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) seperti dilansir dari detik.com angkat bicara soal kasus ini.

“Kemendikbud mengutuk dan tidak menolerir, segera proses hukum,” kata Plt Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ade Erlangga

Menurutnya, jika terbukti bersalah ia akan dikeluarkan dari kampus. “Kalau ada dugaan pidana, serahkan kepada kepolisian dan jika terbukti bersalah, juga diberi sanksi administratif atau dikeluarkan dari kampus atau pecat,” tutur Ade.(rdo)

Baca Juga: Biadab, Siswi SMA Diperkosa 17 Temannya Ramai-Ramai