Alumni Universitas Andalas Deklarasikan Dukungan Joko Widodo-Ma’ruf Amin

oleh -319 views

Nasional,dekadepos.com

Ratusan alumni Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat menyatakan deklarasi dukungan pada pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Peserta deklarasi itu diklaim berasal dari alumni berbagai angkatan di Unand.

“Kami dari Unand khususnya alumni berbagai angkatan mulai dari 1975 sampai 2011 merasa tergerak karena selama ini banyak berita di media sosial yang memutarbalikkan fakta. Kami merasa orang baik seperti Jokowi kok masih dibegitukan,” ujar Ketua Deklarasi Alumni Unand Toni di Gedung Joang ’45 Jakarta, Ahad (27/1/2019).

Banyaknya hoaks yang menimpa Jokowi-Ma’ruf di media sosial, kata Toni, membuat para alumni Unand terpanggil untuk membantu meluruskan berita miring tersebut. Selain itu kekalahan Jokowi saat berpasangan dengan Jusuf Kalla dalam Pilpres 2014 di Sumbar juga disebut Toni menjadi pemicu untuk menyatakan deklarasi dukungan.

“Kita tahu Sumbar itu pendukungnya Pak Jokowi relatif lebih sedikit. Nah, kami angkat sebagai momentum untuk memulai dan masuk ke level grass root karena waktu kita sekarang sedikit hanya dua bulan,” katanya.

Toni menyatakan pihaknya bakal fokus mengerahkan dukungan bagi Jokowi-Ma’ruf di Sumbar. Menurutnya, Jokowi telah banyak melakukan pembangunan di tanah Minang itu namun suara yang diperoleh masih minim.

“Sumbar ini daerah yang cukup spesial buat Pak Jokowi dengan begitu banyaknya pembangunan, tapi masyarakatnya tidak menghargai, kami yang ada di sini akan berusaha meyakinkan,” ucap Toni.

Ia mengatakan pihaknya bakal fokus menyasar masyarakat kalangan menegah ke bawah yang dianggap mudah termakan isu hoaks. “Kami akan terjun ke aktivitas masyarakat, kemudian melakukan pertemuan-pertemuan,” imbuhnya.

Toni mengklaim alumni Unand telah bertekad bulat memenangkan paslon nomor urut 01 itu. Mengutip falsafah Minangkabau, Toni berharap Jokowi-Ma’ruf dapat seperti daun rimbun tampek balinduang kapanehan, tampek bataduah kahujanan.

“Artinya pemimpin yang bisa menjadi tempat berlindung waktu panas hujan, dan selalu memikirkan rakyatnya,” kata Toni.

Kendati demikian, Toni menegaskan bahwa deklarasi ini tak mengatasnamakan ikatan alumni Unand secara resmi. Ia mengatakan deklarasi ini merupakan inisiatif dari para alumni sendiri.

“Kita enggak bawa nama Unand, enggak bawa nama ikatan alumni Unand. Ini murni gerakan moral dari alumni atau saya yang pernah kuliah di Unand, tidak membawa lembaganya,” ucapnya.

Dalam deklarasi itu hadir pula sejumlah alumni Universitas Indonesia yang turut menyatakan dukungan pada Jokowi-Ma’ruf. Mantan Menteri Perdagangan era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, M. Luthfi juga terlihat hadir mewakili tim kampanye Jokowi-Ma’ruf.(cnn)

Sumber:cakaplah.com