Ampiang Dadiah dan Pesona Janjang Seribu Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

oleh -184 views

Bukittinggi, dekadepos.com

Dua dari Tujuh kategori yang diusulkan Kota Bukittinggi dalam ajang Penghargaan Pariwisata Tingkat Nasional masuk Nominasi. Kedua kategori itu masing masingnya, Ampiang Dadiah dan Pesona janjang Seribu.

Kepala Dinas pariwisata Pemuda dan Olahraga melalui Kabid Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hj.Suzi Yanti kepada Dekadepos kemaren menyebutkan, dalam Anugerah Pesona Indonesia yang menrupakan Ajang Penghargaan Pariwisata Tingkat nasional yang mencari daya tarik baru di daerah untuk dipopulerkan secara Nasional. Kota Bukittinggi mengusulkan 7 Kategori.

Janjang Saribu

Masing masingnya, Kategori Makanan mengusulkan Pical, Pisang Kapik dan Sanjai. Kategori Minuman, Ampiang Dadiah dan Cindua Langkok. Kategori Destinasi Unik, Koto Barangai dan janjang Seribu. Kategori Sejarah, Jam gadang dan dan Lobang Japang. Kategori Budaya Tradisionil, Tari Piriang dan Silek. Kategori Agrowisata, Kabun Salak Pondoh, Panorama Baru dan Kategori Destinasi Belanja, Pasa Ateh, Pasa Aua Kuning dan Los Lambuang.ujar Suzi yanti.

Dari tujuh Katagori itu, Bukittinggi hanya dua kategori yang lolos seleksi atau masuk nominasi yaitu Katagori Minuman, khususnya Ampiang Dadiah dan Kategori Destinasi Unik untuk Janjang Saribu.

“Alhamdulillah, Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dari 7 ketegori yang diusulkan Kota Bukittinggi, dua kategori berhasil lulus seleksi . Yaitu Ampiang Dadiah dan Janjang Saribu. Semua itu berkat doa dari masyarakat Bukittinggi. Ampiang dadiah dan janjang saribu bisa memenangkan ajang voting dan mendapatkan predikat sebagai Minuman Tradisional terpopuler dan Destinasi Unik terpopuler. Mari kita nantikan bersama sama saluran voting yang akan dibuka pada 1 Agustus mendatang”,ungkap Suzi Yanti.

Sebelumnya Bukittinggi juga pernah Penghargaan Anugerah Pesona Wisata ini ditahun 2018 untuk kategori minuman tradisional yaitu, “Aia Aka”,mudah mudahan untuk tahun ini kita dapat meraih kembali penghargaan yang sama untuk kategori Minuman, Ampiang Dadiah dan Destinasi Unik Janjang saribu. Dan untuk penyerahan penghargaannya nanti dilaksanakan di Kota Balikpapan pada bulan Februari 2021 mendatang, ungkap Suzi Yanti lagi.

Ampiang Dadiah

Dikatakan, Istimenya Ampiang Dadiah yang adanya di kota Bukittinggi, terbuat dari emping atau ketan yang disangrai lalu di pipihkan terus di tambah Yogurt yang terbuat dari susu kerbau yang di fermentasi yang disebut juga dengan Dadiah.

Sedangkan Janjang Saribu, sebuah ojek wisata yang unik, dimana punya anak tangga lebih kurang 1000 yang memiliki pemandangan atau view yang sangat indah ke arah Ngarai Sianok. Kalau tidak percaya, ayo buktikan ke Bukittinggi, tambah Suzi Yanti.( Edis )