Angin Puting Beliung Terjang Limapuluh Kota, 2 Rumah Warga Rusak

oleh -1.516 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com

Musibah bencana alam angin puting beliung kembali terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota. Kali ini terjadi di Nagari Bukik Sikumpa, Kecamatan Lareh Sago Halaban. 

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Limapuluh Kota, Rahmadinol, yang dihubungi awak media membenarkan terjadinya peristiwa bencana alam angin puting beliung tersebut.

“Peristiwa angin puting beliung yang menerjang Nagari Bukik Sikumpa, Kecamatan Lareh Sago Halaban itu terjadi Jum’at (14/8/2020) sekitar pukul 16.00 Wib,” ujar Rahmadinol yang turun ke lokasi bencana bersama Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Limapuluh Kota.

Diakui Rahmadinol, meskipun peristiwa bencana alam angin puting beliung yang terjadi di kawasan Kecamatan Lareh Sago Halaban tersebut tidak ada korban jiwa. Namun dua unit rumah warga yang berada di Jorong Rogeh, dilaporkan rusak akibat tertimpa pohon kelapa dan satu rumah lainnya atapnya berterbangan diterjang angin kencang.

“Untuk membantu korban yang rumahnya rusak akibat tertimpa pohon dan atapnya rusak diterjang angin puting beliung, tim penanggulangan bencana BPBD Limapuluh Kota sudah turun ke lokasi membantu warga membersihkan material pohon yang menimpa rumah warga,” sebut Rahmadinol.

Diungkapkan Rahmadinol, tim penanggulangan bencana BPBD Limapuluh Kota bersama masyarakat tidak hanya membantu warga membersihkan material pohon dan rumah yang rusak saja. Namun juga membantu membersihkan material pohon bambu yang tumbang menutup akses jalan lingkung yang ada di Jorong Pokan Sinayan.

Menurut Walinagari setempat, ulas Rahmadinol, musibah bencana alam angin puting beliung tersebut terjadi begitu cepat. Peristiwa itu terjadi bersamaan datangnya hujan lebat dan angin kencang bertiup begitu dahsyat memporakporandakan tanaman, pohon serta atap rumah warga. (edw)