Antisipasi Virus Corona, Tim Gabungan Semprotkan Disenfektan di Pasar Payakumbuh

Payakumbuh, Dekadepos.com

Mengantisipasi jatuhnya korban akibat Virus Corona (Covid-19) Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan dan Tim gabungan yang terdiri dari Polri, Satpol-PP dan Dinas Pasar bakal melakukan penyemprotan ratusan liter Disenfektan yang telah dicairkan. Penyemprotan tersebut direncanakanakan akan dilakukan di dua tempat berbeda di Payakumbuh, di Pusat Pasar Payakumbuh dan di Pasar Tradisional Ibuah.

Penyemprotan yang direncanakan akan dilakukan pada Minggu pagi dan Malam 15 Maret 2020 itu diikuti oleh puluhan petugas medis dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan. Selain dua tempat yang menjadi pusat keramian itu, kedepan juga akan dilakukan penyemprotan di Sekolah-sekolah dan rumah ibadah.

Selain penyemprotan, Dinas Kesehatan juga menghimbau masyarat dan pengelola tempat-tempat keramaian seperti Mesjid, Sekolah, pasar dan lainnya untuk menyediakan cairan Disenfektan, sabun, tissu untuk pencegahan virus Corona.

” Iya, besok kita rencanakan untuk melakukan penyemprotan cairan Disenfektan didua tempat di Payakumbuh, pagi hari di pusat Pasar Payakumbuh dan malam harinya di Pasar Tradisional Ibuah. Ratusan liter cairan Lisol yang kita semprotan tersebut aman jika terkena kulit.” Sebut Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, dr. Bakhrizal, Sabtu siang 14 Maret 2020.

Bakhrizal juga menambahkan, penyemprotan dilakukan terkait terus bertambahnya kasus Corona di Indonesia. Kegiatan yang diberi nama kegiatan pencegahan bersama kasus Corona itu akan terus digelar. Selain melakukan penyemprotan, Bakhrizal juga terus menghimbau masyarakat untuk terus meningkatkan ketahanan tubuh termasuk untuk terus peduli mencegah Corona.

Sejauh itu menurut Bakhrizal, di Payakumbuh belum ada warga yang Suspect Corona. Sebelumnya ada warga asal Situjuah Kabupaten Limapuluh Kota yang dirujuk oleh RSI Ibnu Sina ke RSUP dr. M. Djamil Padang, namun telah sehat dan negatif dari virus Corona. (Edw).