Awal Gerakan New Normal, Payobasung Bersiap Menjadi Kampung Tangguh

oleh -12 views

Laporan : Ridho Muldi Putra

Guna mempersiapkan kampung tangguh di Kelurahan Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz bergotong-royong bersama warga, Minggu (14/6/2020).

Persiapan kampung tangguh di Payakumbuh ini adalah sebagai awal dari gerakan tatanan nomal baru produktif aman Covid-19 (TNBPAC) di Kota Randang ini. 

“Kita harap, kampung tangguh tak hanya kuat memproteksi warga dari penularan Corona, namun juga kuat swadayanya. Mari kita manfaatkan pekarangan rumah atau kelompok tani dengan membuat Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dimana detiap KK di halaman rumahnya mampu bercocok tanam, meskipun hanya dengan polyback. Atau membuat kolam ikan dari terpal,” kata Erwin Yunaz.

“Nantinya warga punya sayur, bawang, dan cabe di halaman rumahnya, bila mereka mau bahkan buah-buahan untuk menambah imunitas tubuh juga bisa ditanam,” kata Wawako Erwin.

“Hikmah dari pembentukan kampung tangguh disini adanya pemberdayaan masyarakat, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk lebih produktif dan tidak kesulitan memenuhi kebutuhan pangan keluarga mereka, bahkan saat Covid-19 sudah hilang nanti sekalipun,” kata Erwin Yunaz. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh mencanangkan membangun tiga kampung tangguh di tiga kelurahan di Payakumbuh. Selain Payobasung, Payakumbuh Timur, ada Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan serta gabungan kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam Kecamatan Latina. 

“Kita berharap, kampung tangguh yang kita canangkan ini bisa menjadi pilot ditengah badai Covid-19 ini, dan kita harap menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya,” katanya.

Turut hadir Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, Lurah Payobasung Ade Vianora, Lurah Balai Jariang Ronal Sutan Parmato, serta beberapa anggota karang taruna kecamatan setempat.(*)