Banyak Kepala Daerah Kena OTT, Pemko Payakumbuh Diwanti-wanti Hati-hati Kelola Dana Covid-19

oleh -441 views

PAYAKUMBUH, dekadepos.com-

Juru Bicara Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional, Opetnawati, mewanti-wanti Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, untuk berhati-hati mengelola anggaran daerah di masa pandemi covid-19.

Pasalnya, sudah banyak Kepala Daerah yang menjadi sasaran OTT (Operasi Tangkap Tangan) terkait penyelewengan kemudahan yang diberikan Pemerintah Pusat terhadap penggunaan uang di masa pandemi covid-19.

Hal itu disampaikan juru bicara Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional, Opetnawati pada rapat paripurna penyampaian pemandangan umum Fraksi-Fraksi Atas Nota Penjelasan Walikota Payakumbuh Terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 yang digelar di kantor DPRD Kota Payakumbuh, belum lama ini.

Selain mewanti-wanti Walikota Riza Falepi untuk berhati-hati mengelola keuangan daerah masa pandemi covid-19, Opetnawati juga mengapresiasi capaian kinerja Pemko Payakumbuh terhadap realisasi program kerja yang telah direncanakan bersama.

“ Meskipun dalam kecemasan dimasa Covid-19, namun masih tetap dapat melaksanakan amanah sesuai dengan kemampuan Pemko Payakumbuh,” ujar Opetnawati.

Pada kesempatan itu, Opetnawati menyinggung soal Data Peserta Penerima Bantuan luran (PBI) dan lain-lain. Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional menyarankan, semestinya Pemko Payakumbuh memusatkan salah satu perhatian untuk perbaikan kelemahan ini, apalagi ketika diketahui adanya pertanggungjawaban belanja Bahan Bakar Minyak (BBM) pada empat OPD ada masalah dengan pertanggung jawaban keuangannya.

“Dalam kesempatan ini kami butuh informasi terhadap empat OPD yang masih ada masalah dengan pertanggung jawaban keuangannya,” pinta Opetnawati.

Terkait kritikan dan saran atas pandangan umum Fraksi  Amanat Kebangkitan Nasional atas nota penjelasan Walikota Payakumbuh terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020, tidak seutuhnya dijawab Walikota Riza Falepi, termasuk soal pertanyaan empat OPD yang masih ada masalah dengan pertanggung jawaban keuangannya.

“ Terhadap saran, masukan dan pertanyaan yang disampaikan juru bicara Fraksi Amanat Kebangkitan Bangsa, sangat berharga bagi kami,” ujar Walikota Riza Falepi memberikan jawaban atas padangan umum Fraksi  Amanat Kebangkitan Nasional. (ds)