Basri Latief, Berikan Bantuan Biaya Pendidikan untuk 200 Anak Tidak Mampu di Tanah Datar  

oleh -186 views

 TANAH DATAR, dekadepos.com-

Basri Latief,SH Datuak Majo Basa, putra asli Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan, yang disebut-sebut calon kuat Bupati atau Wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar, kian hari namanya makin harum di tengah masyarakat Kabupaten Tanah Datar, utamanya bagi warga Kecamatan Batipuah Selatan dan Batipuah X Koto.

Pasalnya, selain memiliki kepedulian sangat tinggi terhadap masyarakat dan kampung halaman, Basri Latief, putra terbaik asal Malalo, Kecamatan Batipuah, yang juga mantan Kepala Samsat Kota Payakumbuh dan mantan kepala Samsat Kabupaten Limapuluh Kota, dan kini, masih menjabat sebagai Ketua Partai Hanura di Kota Payakumbuh itu, sudah banyak dan tak henti-hentinya menebar kebaikan dan menjalin tali asih dengan keluarga tidak mampu, baik yang ada di Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar.

Untuk memperpanjang tali asih, utamanya terhadap anak-anak dari keluarga tidak mampu yang ada di Kabupaten Tanah Datar, Basri Latief  menyalurkan bantuan sebesar Rp110 juta untuk biaya pendidikan bagi anak-anak tidak mampu yang ada di daerah itu.

Menurut Basri Laief, saat ini, sudah terdata sebanyak 200 orang anak tidak mampu yang ada di Kabupaten Tanah Datar, untuk dia disantuni guna meringankan biaya pendidikan mereka ke berbagai penguruaan tinggi termasuk yang ingin masuk pendidikan di kepolisian dan TNI Angkatan Darat.  

Dalam pertemuannya dengan masyarakat di Nagari Padang Laweh, Malalo, Kecamatan Batipuah Selatan, beberapa hari lalu, dihadiri sejumlah Miniak Mamak, tokoh masyarakat Kepala Jorong Tangah XX, pemuda dan pemudi serta sejumlah tokoh dari rantau itu, sudah didata jumlah anak tidak mampu yang akan diberikan bantuan untuk biaya pendidikan untuk mereka.  

“ Saat ini sudah terdata 200 orang anak tidak mampu akan mendapat santunan biaya pendidikan keberbagai perguruan tinggi termasuk anak tidak mampu yang ingin masuk pendidikan di kepolisian dan TNI Angkatan Darat,” ujar Basri Latief.

Diakui Basri Latief, bantuan uang kes sebanyak Rp110 juta yang akan disalurkannya untuk biaya pendidikan bagi anak-anak tidak mampu tersebut, adalah sebagai bentuk kepeduliannya terhadap pendidikan anak-anak yang ada di kampung halamannya.

“ Demi memajukan pendidikan, utamanya bagi anak-anak berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu, kita berikan dorongan dan santunan agar pendidikan mereka tidak putus di tengah jalan, gara-gara tidak ada uang untuk membiayai pendidikan mereka,” ujar Basri Latief sekaligus didaulat sebagai nara sumber dalam pertemuan itu. 

Wali Nagari Nagari Padang Laweh dan Ketua Persatuan Pemuda-Pemudi Tangah XX (Perpeta) Mulyadi Sainun, mengapresiasi sekaligus menyampaikan terima kasih atas kepedulian Basri Latief yang telah memberikan bantuan biaya pendidikan untuk anak-anak tidak mampu yang ada di daerah itu.

Dihadapan, para Ninik Mamak, tokoh masyarakat, Bundo Kanduang dan puluhan pemuda dan pemudi serta para perantau yang hadir dalam pertemuan itu, Wali Nagari Nagari Padang Laweh dan Ketua Persatuan Pemuda-Pemudi Tangah XX,  Mulyadi Sainun, mendoakan agar Basri Latief  maju dan terpilih menjadi Bupati atau Wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar yang akan digelar Desember 2020 mendatang.

“Masyarakat Kabupaten Tanah Datar, membutuhkan kepemimpinan seorang kepala daerah yang peduli dengan pendidikan, utamanya pendidikan bagi anak-anak berprestasi yang berasal dari keluarga tidak mampu,” pungkas Wali Nagari dan diamini Ketua Persatuan Pemuda-Pemudi Tangah XX Mulyadi Sainun (ds)