Bawang Merah SS Sakato Jadi Harapan Baru Petani Kabupaten Solok

oleh -218 views

SOLOK, dekadepos.com-

Berkat benih bawang merah yang diberi nama SS Sakato, kini hasil panen petani di Kabupaten Solok kian melimpah.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Solok,  Ir. Admaizon menyebutkan bahwa, kini petani bisa lebih tersenyum dengan adanya bawang SS Sakato itu.

“Ukuran bawang SS Sakato lebih besar, berwarna merah segar serta aromanya lebih harum,” sebut H. Admaizon.

Keunggulan lainnya sangat cocok ditanam di kawasan berhawa dingin seperti di Kabupaten Solok.

“Panen bawang merah ini bisa 3 hingga 4 kali. Bahkan sudah dipraktekan Kelompok Tani Tuah Saiyo di Bukit Gumanti,” sebut H. Admaizon.

Disebutkan H. Admaizon, saat ini luasan lahan yang ditanami bawang merah di Solok mencapai 8790 hektar. Bahkan, setiap panen bisa menghasikan sekitar 100 ribu ton.

“Bawang SS Sakato bisa ditanam sepanjang tahun. Sehingga bawang merah SS Sakato ini menjadi idola masyarakat di Kabupaten Solok,” sebut H. Admaizon.

Bedanya, kalau di pulau Jawa seperti di Brebes, petani menanam bawang merah ini sekitar bulan Juli hingga September. Setelah itu petani di Jawa menanam padi. Tapi kalau di Solok, petani terus menanam bawang sepanjang musim.

Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Kuntoro Boga Andri beberapa waktu lalu pernah  menjelaskan bahwa penemu bawang merah jenis SS Sakato adalah bernama Prof DR Sobir dari Insitut Pertanian Bogor. Penemuan bawang SS Sakato, Bawang Merah Super Besar Temuan Prof Sobir yang bikin petani Solok gembira.

Sementara Kepala Balai Pengkajian Tekhnologi Pangan (BPTP) Sumatera Barat, Jekvy Hendra,  menjelaskan, SS Sakato adalah salah satu dari belasan varietas bawang merah yang berhasil dikembang dan dibudidayakan BPTP Kementan.

“Varietas SS Sakato ini telah diujicoba dan dikembangkan BPTP sebelum ditanam massal oleh petani bawang merah di Solok. Bahkan ukuran yang besar, hampir separuh dari bawang bombay yang memang ukuranya jumbo,” sebut  Jekvy Hendra. (wandy)

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.