BAWASLU Payakumbuh Gelar Apel Siaga Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu serentak 2024

Payakumbuh, Dekadepos.com

Ratusan Pengawas Pemilu (BAWASLU, PANWASCAM, PKD dan PTPS) di Kota Payakumbuh ikuti Apel Siaga Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu serentak 2024, kegiatan yang dilaksanakan Minggu pagi 11 Februari 2024 di Jalan Pemuda Depan Kantor Dinas PUPR Kota Payakumbuh Kawasan Galanggang Kubu Gadang itu juga diikuti POLRI dan Satpol-PP.

Apel Siaga yang digelar serentak dilakukan di seluruh Indonesia itu merupakan antisipasi terjadinya berbagai pelanggaran sepanjang masa tenang pemilu serentak yang dimulai 11 hingga 13 Februari 2024. Selain dihadiri langsung Ketua BAWASLU Payakumbuh, Rio Gustrinanda dan jajaran, KPU Payakumbuh juga hadir Pj. Walikota Payakumbuh, Jasman, Ketua DPRD Payakumbuh, Kejaksaan, Kapolres Payakumbuh serta sejumlah kepala OPD.

Anggota BAWASLU Kota Payakumbuh, Aan Muharman dihadapan ratusan peserta Apel Siaga Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu serentak 2024 membacakan sambutan Ketua BAWASLU RI mengatakan bahwa pengawasan dalam pemungutan dan penghitungan suara merupakan peran yang sangat vital dan sangat penting. Nantinya penyelenggaraan Pemilu akan dinilai dalam beberapa hal.

” Penyelenggaraan pemilu ini akan
dinilai dalam 3 hal, yakni Integritas Penyelenggara Pemilu, Integritas Proses Pemilu dan Integritas Hasil Pemilu. Harapannya kita sebagai pengawas Pemilu bisa menjaga integritas kita selama pemungutan dan penghitungan suara ini berjalan. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan sekalian yang telah menjadi bagian dari kami dan mau menjadi pengabdi di pengawas pemilu,” ucapnya.

Lebih jauh ia menyebutkan bahwa bangga bahwasannya rekan-rekan bersedia menjadi penyambung Tangan dan Lidah serta Telinga dari Lembaga Bawaslu yang kita cintai ini.

” Terakhir kami meminta jajaran kami sampai di tingkat Bawah, jaga kesehatan, pelihara Imun, Minta keberkahan serta Kekuatan kepada Allah SWT dalam menjalankan Tugas Negara ini serta menjaga dan menjalin komunikasi yang baik dengan KPPS, saksi TPS serta pihak Kepolisian yang menjaga beberapa TPS.” Harapnya.

Aan juga menambahkan, hal-hal yang sangat penting di hari terakhir mulai dari masa tenang hingga pemungutan peran peserta penyelenggaraan pemilu sangatlah penting guna menjaga akuntabilitas dan pemungutan suara yang akan berlangsung di 14 Februari 2024.

Sementara, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Hamdi Agus mengatakan bahwa bentuk kesiapan dan persiapan untuk menyongsong pemilu di Rabu 14 April mendatang, masyarakat Kota Payakumbuh sudah bergabung dalam kegiatan yang digelar BAWASLU.

“Ini merupakan bentuk kepedulian dan partisipasi kita untuk meningkatkan demokrasi,  semoga Pemilu berjalan baik dan sesuai dengan azas azas pelaksanaan pemilu itu sendiri, setelah ini kita akan bekerja, ini masa tenang tentu ini akan jadi pekerjaan terkhusus bagi bawaslu menjadi meningkat,” katanya.

Pj. Walikota Payakumbuh, Jasman saat memberikan sambutan mengatakan bahwa saat ini situasi yang sangat-sangat kritis dan rawan bagi semuanya. Jika ada baliho, serangan fajar, dan politik uang itu harus  diberantas. Patroli kali ini tidak hanya di bagian pengawasan konvensional tapi juga di dimensi media siber.

” Jika ada ASN ikut serta juga di media sosial dan ikut kemana-mana ini tidak ada maaf, Untuk semuanya harap tetap semangat dan jaga kesehatan.” Pesannya.

Pasca Apel Siaga Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu serentak 2024, nantinya BAWASLU Payakumbuh dan jajaran akan melakukan Patroli ke berbagai Kelurahan di Kota Payakumbuh. (Edw).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *