BAWASLU Payakumbuh Temukan Kotak Suara Rusak

Payakumbuh, Dekadepos.com

Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh menemukan belasan bungkus kotak suara Pemilu serentak tahun 2024 yang diduga rusak, temuan itu didapati saat ribuan Kotak Suara tersebut sampai digudang KPU Kota Payakumbuh kawasan Muaro Kecamatan Payakumbuh Utara, Senin 31 Oktober 2023.

Kerusakan kotak suara tersebut diantaranya, robek, basah dan lainnya. Memastikan jumlah total kerusakan kotak suara, BAWASLU menyebutkan masih menunggu proses sortir dari petugas KPU, sebab dari tiap bungkus terdapat/berisi 5 kotak suara.

Sementara belasan bungkus kotak suara yang mengalami kerusakan itu telah dipisahkan dari  ribuan kotak suara lainnya.

” Iya, dari hasil pengawasan kami (BAWASLU) saat kedatangan kotak suara pada Senin lalu, terdapat sekitar 16 bungkus kotak suara yang diduga mengalami kerusakan. Dari kerusakan yang terlihat adanya robek, basah dan lainnya,” sebut Aan Muharman,Komisioner BAWASLU Payakumbuh baru-baru ini.

Ia juga menambahkan, didalam 1 bungkus terdapat 5 kotak suara, dan yang mengalami kerusakan ada yang satu hingga dua kotak suara, sehingga untuk memastikan total kerusakan akan diketahui setelah dilakukannya proses sortir.

” Nanti kami akan tunggu hasil sortiran untuk memastikan berapa jumlah kerusakan kotak suara. Masing-masing bungkus berisi 5 kotak suara, ada yang rusak 1 hingga 2 kotak suara,” tambahnya.

Selain melakukan pengawasan logistik Pemilu serentak yang datang dalam keadaan baik, BAWASLU juga melakukan pengawasan untuk memastikan jumlah sesuai dengan kebutuhan.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh kembali menerima Logistik Pemilu serentak tahun 2024, logistik yang diterima pada Senin 31 Oktober 2023 itu berupa ribuan Kotak suara, selain ribuan kotak suara berbahan kardus, juga diterima ribuan segel dalam dua buah kardus.

Kedatangan kotak suara dan segel di gudang KPU di Kawasan Muaro Kecamatan Payakumbuh Utara itu dikawal petugas kepolisian serta diawasi oleh BAWASLU Kota Payakumbuh. Usai diturunkan dari truk pengangkut, logistik itu disusun berdekatan dengan logistik berupa bilik suara yang lebih dahulu datang beberapa hari sebelumnya.

Komisioner KPU Kota Payakumbuh, Ihsanul Huda menyebutkan bahwa jumlah kotak suara yang datang mencapai 1.870 kotak suara. Dengan rincian penggunaan untuk di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencapai 1.855 kotak suara, sementara sisanya cadangan.

” Iya, pada hari ini kita kembali menerima logistik Pemilu serentak tahun 2024 untuk Kota Payakumbuh berupa kotak suara. Total kotak suara yang kita terima mencapai 1.870 kotak suara,” sebut Ihsanul Ihsan didampingi Komisioner KPU, Orizko Zulkifli, Senin 30 Oktober 2023.

Ia juga menambahkan, nantinya tiap TPS di Kota Payakumbuh akan menerima/menggunakan 5 Kotak suara.

” TPS kita di Kota Payakumbuh terdapat 371, nantinya masing-masing TPS akan terdapat 5 kotak suara, sisa kotak suara yang kita terima nantinya akan dijadikan cadangan,” tambah mantan Staf di Sekretariat BAWASLU Kabupaten Limapuluh Kota itu. (Edw).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *