Beraksi di Puluhan TKP Sumbar-Riau, Dua Bersaudara Pencuri Perangkat Tower BTS Ditangkap

Payakumbuh, Dekadepos.com

Dua orang bersaudara atau kakak adik ditangkap Tim Opsnal Satreskrim Polres Payakumbuh usai melakukan pencurian Perangkat Komunikasi Tower BTS di Wilayah Hukum Polres Payakumbuh. Kedua tersangka berinisial R (27) dan G (23) serta seorang rekannya yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sebelumnya melakukan aksi pencurian di sejumlah tempat di Sumatera Barat dan Riau.

Sebelum beraksi di wilayah hukum Polres Payakumbuh, mereka berhasil menggasak perangkat Tower BTS di wilayah hukum Polres Bukittinggi. Sindikat yang menggunakan mobil rental dengan nomor Polisi (NOPOL) BM 1833 EZ dan B 1378 AB itu akhirnya berhasil ditangkap setelah Polisi mendapatkan informasi dari tekhnisi Tower yang sempat melihat adanya satu unit kendaraan roda empat yang mencurigakan di sekitar tower BTS yang berlokasi di Kelurahan Subarang Batuang Kecamatan Payakumbuh Barat.

Menerima laporan itu, Tim Opsnal Satreskrim menyebar anggota dilapangan, hingga sempat terjadi kejar-kejaran antara Polisi dan para tersangka hingga ke wilayah hukum Polres Bukittinggi. Dalam pengejaran yang dibantu personil Polres Bukittinggi itu, Polisi beberapa kali mengeluarkan tembakan peringatan.

Hingga akhirnya kedua tersangka berhasil ditangkap di Jalan Raya Bukittinggi Padang Panjang Sungai Pua Kabupaten Agam, Jumat 8 Desember 2023.

” Iya, kita berhasil menangkap dua orang tersangka pencurian Perangkat Komunikasi Tower BTS yang telah beraksi di puluhan tempat di Sumatera Barat dan Riau. Penangkapan tersangka yang merupakan kakak adik itu diwarnai aksi kejar-kejaran hingga memasuki wilayah hukum Polres Bukittinggi,” sebut Kapolres Payakumbuh AKBP. Wahyuni Sri Lestari melalui Kasat Reskrim, IPTU. Doni Pramadona didampingi KBO Satreskrim, IPTU. JH. Sinaga dan Kanit Reskrim, IPDA. Zuyu Gianto, Jumat siang 8 Desember 2023 di Mapolres Payakumbuh Kawasan Labuaj Basilang.

Lebih jauh mantan Kapolsek Payakumbuh itu menyebutkan bahwa karena gagal melakukan aksi pencurian di tower BTS yang berlokasi di Kelurahan Subarang Batuang Kecamatam Payakumbuh Barat sebab alaram berbunyi, kawanan tersebut melakukan pencurian di tower yang berlokasi di Jorong Pincuran Tinggi Andaleh.

” Setelah gagal melakukan pencurian di tower BTS yang berlokasi di Kelurahan Subarang Batuang Kecamatam Payakumbuh Barat katena alaram berbunyi, kawanan tersebut melakukan pencurian di tower yang berlokasi di Jorong Pincuran Tinggi Andaleh,” jelas IPTU. Doni.

Selain dua orang tersangka, juga berhasil amankan Barang Bukti (BB) 1 unit Mobil, 12 unit Baseband (otak pemancar tower), 100 (seratus) buah SFP (tansmisi radio sinyal) yang total diperkirakan memiliki harga Rp 380.000.000,- , 3 (tiga) unit Handphone merk Oppo A17, Oppo Reno 8T, Oppo Reno 5 milik pelaku dan 1 buah helm proyek.

” Pelaku sebenarnya berjumlah tiga orang, satu orang yang merupakan salah satu karyawan perusahaan telekomunikasi yang berperan sebagai pemberi informasi dan ikut dalam aksi pencurian berhasil melarikan diri saat akan ditangkap, ” Jelasnya.

Total aksi pencurian yang dilakukan para tersangka di wilayah Hukum Polres Payakumbuh mencapai 7 Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Sementara tersangka R saat menjalani pemeriksaan lanjutan di Mapolres Payakumbuh menyebutkan hasil curian Peralatan Tower BTS ia jual dengan harga beragam ke luar Sumatera Barat, mulai dari 500 ribu hingga jutaan rupiah.

” Barang-barang hasil curian kami jual dengan harga beragam, mulai dari 500 ribu hingga jutaan rupiah ke Luar Sumatera Barat,” aku R yang pernah berkerja sebagai petugas pemantau Tower BTS itu.

Hingga kini kedua tersangka masih di tahan di Sel Mapolres Payakumbuh kawasan Labuah Basilang untuk pemeriksaan lebih lanjut. (Edw).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *