, , ,

Berhasil Ungkap 8 Kasus dan Selamatkan Uang Negara Rp1,2 Milliar

oleh -1.198 views

PAYAKUMBUH,dekadepos.com-

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Andhika Prima Sandi, SH,MH selama menjabat 3 tahun 2 hari di Kejaksaan Payakumbuh berhasil mengungkap 8 kasus tindak pidana khusus dengan 15 orang ditetapkan jadi tersangka dan berhasil menyelamatkan uang negara senilai Rp 1,2 miliar.

Andhika P Sandi dimutasi dengan posisi sebagai  jaksa dibagian Pemeriksa Perdata dan Tatausaha Negara di Kejaksaan Tinggi Sumbar. Sementara yang menggantikan Andhika P Sandi sebagai Kasi Pidsus di Kejari Payakumbuh adalah Satria Lerino, SH.

“Hari ini (Senin,red) kita lakukan serahterima jabatan dari Andhika P Sandi kepada Satria Lerino. Selama 3 tahun lebih disini, Kasi Pidsus sudah mengungkap 8 kasus dengan 15 orang tersangka dan berhasil menyelamatkan uang negara senilai Rp 1,2 miliar,” sebut Kapala Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Nur Tamam didampingi Nafiz Firdaus Kepala Seksi Intel, Saldi, SH Kasi Pidum, Kasubag BIN, Oktri, Kacapjari Pangkalan dan Suliki, Senin (10/9) kepada awak media saat acara Sertijab dan pelantikan Firman sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Payakumbuh.

Pada kesempatan itu Kejari Nur Tamam menyebut dengan pergantian Kasi Pidsus diharapkan berbagai kasus yang sedang dan akan ditangani Pidsus akan segera dituntaskan selama empat bulan tersisa di tahun 2018 ini. Menurutnya ada beberapa kasus yang kini sedang dilakukan penyelidikan dilakukan Pidsus.

“Kita tidak memberikan target kepada Kasi Pidsus yang baru karena sudah tertuang dalam Dipa. Jadi waktu empat bulan yang tersisa tahun ini bisa dimaksimalkan untuk melakukan langkah-langkah penyelidikan terhadap beberapa persoalan yang ada dan sedang ditangani Kasi Pidsus,” sebutnya.

Pada kesempatan itu Kejari menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kasi Pidsus lama Andhika Prima Sandi atas kerja keras dan pengabdiannya selama di Payakumbuh. “Semoga pak Sandi sukses selalu ditempat baru. Bila kami ada salah dan khilaf kami mohon dimaafkan,” pinta Nur Tamam dihadapan seluruh staf dan pegawai Kejari Payakumbuh di aula pertemuan Kantor Kejari, Jalan Sukarno Hatta.

Mantan Kasi Pidsus Andhika Prima Sandi pada kesempatan itu menyampaikan bahwa dirinya sudah 3 tahun 2 hari bertugas menjabat Kasi Pidsus Kejari Payakumbuh. ” Banyak pelajaran yang saya dapat dan peroleh disini, terutama tentang kesabaran Kepala Kejari. Bapak Kejari selalu mengajarkan kepada kami tentang kesabaran. Kemudian beliau juga selalu menebar pandangan positif tingking. Terimakasih pak Kejari tentang dua hal sangat berharga itu,” ucap Andhika P Sandi.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada kawan-kawan wartawan yang sudah membuat dirinya dikenal. “Kebersamaan dengan kawan-kawan wartawan tidak hanya di kantor tetapi juga di luar kantor dan lapangan lainnya. Semoga kebersamaan dengan kawan-kawan wartawan selalu dilanjutkan,” sebutnya.

Sementara itu Kasi Pidsus yang baru Satria Lerino mengaku tersanjung dengan adanya momen berharga bertemu dengan kawan-kawan wartawan. “Ini momen berharga bagi saya untuk bisa bertemu kawan-kawan wartawan. Disini ada wadah bisa bertemu pers, dan saya berharap kepada kawan-kawan untuk berperan mengawasi penyelenggaraan pemerintah di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,” harapnya.

Dia juga menyebut bahwa dirinya akan mengoptimalkan sisa waktu 4 bulan di tahun 2018 ini untuk meneruskan apa yang sudah dilakukan Kasi Pidsus sebelumnya dan akan meningkatkan lagi untuk lebih baik. “Waktu yang tersisa 4 bulan di tahun ini akan saya optimalkan,” sebutnya. (edw)