Berpotensi Terpapar Covid-19, APD Petugas Kebersihan Masih Minim

oleh -67 views
Petugas Kebersihan Sawahlunto
Petugas Kebersihan Sawahlunto (foto: Kuga)

SAWAHLUNTO, Dekadepos.com

Petugas kebersihan sangat berpotensi terpapar virus Covid 19 karena berhubungan langsung dengan sampah rumah tangga, terutama sampah yang berasal dari rumah orang dalam pantauan (ODP).

Untuk meminimalisir hal tersebut pasukan orange atau tim kebersihan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Lingkungan Hidup (DPKP2LH) Kota Sawahlunto menerima alat pelindung kerja (APK) berupa masker dan sarung tangan guna melindungi tim saat mengangkut sampah serta antisipasi penyebaran virus corona di TPA Kayu Gadang, Kamis (09/04).

BACA JUGA: BPC HIPMI Sawahlunto Salurkan Bantuan ke Posko Penanganan Covid 19

Meski belum ada warga kota Sawahlunto yang terkonfirmasi positif Covid 19, DPKP2LH tetap waspada.

Kepala DPKP2LH, Adrius Putra menyebut pembagian diserahkan kepada semua petugas dan penyemprotan kepada seluruh kendaraan operasional kebersihan.

“Kita bagikan ke 185 petugas kebersihan yang ada di kota (Sawahlunto). Kita juga melakukan penyemprotan disinfektan ke sembilan unit truk dan 22 motor becak motor pengangkut sampah,” jelas Adrius.

BACA JUGA: Pandemi Covid 19, Atlet Tetap Latihan Jelang Porprov

Namun Adrius mengakui APK ini masih sangat kurang. Untuk lebih aman dari penularan virus, pihaknya masih membutuhkan hazmat atau baju pelindung dan sepatu boot.

“Anggarannya tidak ada. Pengadaan APK ini murni sumbangan dari bidang – bidang di DPKP2LH,” pungkas Adrius.(Kuga)