Besok Ratusan Masyarakat Bakal Segel Kantor Walinagari Koto Tangah Batuhampa

oleh -11.531 views

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Ratusan masyarakat di Nagari Koto Tangah Batuhampa Kecamatan Akabiluru Kabupaten Limapuluh Kota besok (Jumat.red) 1 Juli 2022 berencana akan melakukan aksi damai dengan menyegel Kantor Walinagari setempat karena tidak puas dengan Pelaksanaan Pemilihan Walinagari (PILWANANG) Serentak yang dinilai sarat dengan berbagai kecurangan.

Aksi damai dengan menyegel Kantor Pemerintahan Nagari itu bukan tanpa sebab mereka lakukan, sebab sebelumnya berbagai upaya telah dilakukan, diantaranya melaporkan kecurangan tersebut kepada Camat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari, namun hal tersebut tidak mendapatkan respon, hingga puncaknya masyarakat sepakat akan menyegel kantor Walinagari.

Hal tersebut diungkapkan Mhd. Kasuryadi, salah seorang masyarakat Nagari Koto Tangah Batuhampa. Besok Ratusan masyarakat yang berasal dari enam Jorong akan menyegel Kantor Walinagari sebelum aktivitas di Kantor tersebut dimulai, sehingga tidak ada yang bisa masuk Kantor.

” Iya, besok pagi ratusan masyarakat atau sebanyak-banyaknya dari enam Jorong di Nagari Koto Tangah Batuhampa akan melakukan aksi damai menyegel Kantor Walinagari karena menilai pelaksanaan Pemilihan Walinagari sarat dengan berbagai kecurangan,” sebutnya, Kamis sore 30 Juni 2022.

Ia juga menambahkan, selain akan menyegel Kantor Walinagari, masyarakat juga meminta dilaksanakan pemilihan ulang Walinagari, pecat/berhentikan orang-orang (BAMUS, Perangkat Nagari hingga Jorong) yang diduga terlibat dalam melakukan kecurangan dalam Pemilihan Walinagari beberapa waktu lalu itu.

” Kami atas nama masyarakat meminta pemilihan Walinagari di ulang, pecat Perangkat yang terlibat.” Tambahnya.

Beberapa kecurangan tersebut menurut Mhd. Kasuryadi adalah Panitia Pemilihan Nagari tidak menempel Daftar Pemilih (DPS dan DPT), Adanya pengarahan untuk memilih calon Walinagari tertentu, adanya keberpihakan pada Calon tertentu, serta surat undangan memilih yang masih dibagikan di pagi hari pemilihan. (Edw).

No More Posts Available.

No more pages to load.