Biasakan PHBS, Kadis Perkim LH Ajak Masyarakat Bersih-Bersih

Sijunjung, Dekadepos.com

Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kabupaten Sijunjung, Riky Mainaldi Neri mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Hal itu dibuktikan Dinas tersebut mengadakan aksi bersih-bersih, baik itu pembersihan selokan yang kotor maupun pembersihan bak sampah di Jalan Arif Rahman Hakim dibelakang Kantor Bupati Sijunjung, Rabu (18/3).

“Kegiatan itu merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi dari Dinas Perkim-LH Kabupaten Sijunjung,” ungkap Riky.

Ia mengimbau kepada masyarakat jangan buang sampah sembarangan. “ Buanglah sampah pada tempatnya, sehingga terwujudlah Nagari bersih dan ramah lingkungan dan masyarakatnya sehat dan sejahterah,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi Penanganan Sampah dan Kebersihan, Afrizaldi menyebutkan kegiatan itu merupakan kegiatan rutin harian Dinas Perkim LH dan petugas kebersihan guna untuk penanggulan pengurangan sampah masyarakat dan di lingkungan ibukota untuk mengatasi wabah penyakit, terutama yang bersumber dari sampah.

“Alhamdulillah saya setiap hari kelapangan untuk melakukan pengawasan serta mengajak masyarakat secara perlahan agar memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Ia berharap dengan seringnya dilakukan program Manunggal Rutin Harian ini bisa mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk saling menjaga kebersihan demi sijunjung bersih.

“Selain kegiatan Manunggal Rutin Harian, Dinas Perkim LH juga ada program jumpa berlian (jumat pagi bersihkan lingkungan anda) yang dilaksanakan setiap jumat pagi di Nagari yang tersebar di Ranah Lansek Manih ini,” pungkasnya. (Heru).