Bisron Hadi: Tingkatkan Status Puskesmas Menjadi Pukesmas Rawat Inap

oleh -2.514 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (Fraksi PKS) melalui juru biacaranya, Bisron Hadi, dalam rapat paripurna DPRD dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi terhadap Nota Keuangan Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Limapuluh Kota Tahun Anggaran 2021, Senin lalu (14/9/2021) mempertanyakan bahwa, belanja barang dan jasa mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Untuk apa saja digunakan belanja barang dan jasa tersebut.

“Sedangkan belanja bantuan sosial mengalami penurunan, padahal saat ini dimasa pandemi. Hendaknya, bantuan sosial ini lebih ditingkatkan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19,” ungkap Bisron Hadi.

Selain menyorot soal tingginya belanja barang dan jasa dan rendahnya belanja bantuan sosial, Fraksi PKS meminta kepada Bupati meninjau kembali Perbup No. 295 tentang BKK, yang hanya mengakomodir pembangunan nagari yang besifat fisik. Sementara banyak nagari-nagari melakukan kegiatan yang bersifat non fisik, seperti membantu kegiatan usaha kelompok, dan untuk membantu kesejahteraan guru-guru mengaji.

Dilain pihak, Fraksi PKS meminta kepada Pemerintah Daerah agar  bergerak cepat dalam pembangunan Ibu Kota Kabupaten atau IKK.

“Fraksi PKS meminta Pemerintah Daerah agar dapat memberikan perhatian khusus bagi kesejahteraan petani Gambir, karena setidaknya ada enam kecamatan yang masyarakatnya bergantung dengan usaha Gambir. Fraksi PKS berharap bisa memberdayakan Badan Usaha Milik Daerah untuk berperan aktif dalam menekan atau menstabilkan harga Gambir,” ujar Bisron Hadi.

Terkait dengan vaksinasi Covid-19, ulas Bisron Hadi, masih banyak masyarakat yang belum sadar tentang pentingnya vaksinasi covid. Ini membuktikan kerja Pemerintah daerah belum maksimal. Fraksi PKS mendorong agar Kabupaten Limapuluh Kota terbebas dari Covid-19 dengan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang  prokes dan pentingnya vaksinasi.

Ditekankan Bisron Hadi, dalam perencanaan APBD Perubahan 2021, Fraksi PKS  mengharapkan OPD dapat mengkaji secara tepat dan mendalam tentang serapan anggaran yang ada di APBD awal, dan kesempatan waktu untuk pelaksanaan kegiatan di APBD perubahan 2021 ini, agar kegiatan tercapai sesuai target.

Untuk mendukung pelayanan kesehatan, juru bicara Fraksi PKS Bisron Hadi, meminta kepada Pemerintah Daerah, agar adanya peningkatan status Puskesmas, menjadi Pukesmas rawat inap, supaya masyarakat yang jauh dari Rumah Sakit Umum  bisa ke Puskesmas terdekat di kecamatannya.

“ Fraksi PKS  juga mengharapkan adanya peningkatan layanan dan fisik untuk Pustu serta Puskesri di nagari-nagari. Disamping itu Fraksi PKS  menyampaikan kepada Pemerintah Daerah, untuk dilakukan pemberdayaan UKM dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan mengalokasikan bantuan dana kepada masing-masing UKM yang ada di kabupaten Limapuluh Kota,” ujar Bisron Hadi.

Terkait perkembangan pariwisata di daerah kita ini, tukuk Bisron Hadi, akhir-akhir ini pembangunan penginapan berupa Guest house,  home stay dan sebagainya juga mulai meningkat dan menjamur. Kondisi ini dapat kita lihat di kawasan wisata Lembah Harau dan sekitarnya.

“Namun sangat disayangkan, usaha penginapan yang mulai banyak digeluti oleh masyarakat kita ini, tidak diiringi oleh promosi yang baik, sehingga berefek kepada sedikitnya pengunjung atau wisatawan yang menginap di daerah kita ini,’ ujar Bisron Hadi.

Oleh karena itu, himbau Bisron Hadi, diminta Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait untuk ikut ambil bagian dalam upaya promosi dan mensiasati berbagai program yang dapat dicanangkan berupa Event-event, harapannya tentu agar investasi yang telah ditanam oleh para investor di daerah kita ini dapat termanfaatkan dan dikelola dengan baik.

”Dengan demikian, tentu ini akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat dan juga pendapatan daerah,” ujar Bisron Hadi.

Disamping itu, Fraksi PKS menyoroti soal perhatian Pemerintah daerah terkait jalannya roda Pemerintahan di nagari-nagari se Kabupaten Limapuluh Kota.

“Sebagaimana kita simak, saat ini masih hangat-hangatnya Pemilihan dan juga pelantikan Anggota Bamus Nagari se Kabupaten Limapuluh Kota. Sebagai bagian dari Pemerintahan Nagari dan sebagai representasi masyarakat, kita tentu berharap agar anggota Bamus yang terpilih memiliki kapabilitas dan kapasitas sebagai anggota Legislatif di tingkat nagari,” pungkas Bisron Hadi. (ds)

No More Posts Available.

No more pages to load.