BPBD-Komunitas Tekan MoU Penanganan Bencana

oleh -38 views

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Limapuluh Kota bersama sejumlah Komunitas Peduli Bencana menandatangani MoU atau kesepakatan bersama untuk menyamakan visi dalam hal penanganan bencana, sehingga kedepannya penanganan bencana bisa lebih baik.

Beberapa Komunitas yang hadir dalam pertemuan yang digelar di Ruang Rapat BPBD Kabupaten Limapuluh Kota di Ex. Kantor Bupati Lama Jalan Jend. Sudirman Pusat Kota Payakumbuh, Selasa 3 September 2019 itu, Trapay, Pangkalan Media Adventure, Kelompok Siaga Bencana (KSB), Sekolah Gunung, Jurnalis Siaga Bencana (JSB) dan Arung Jeram.

Pertemuan yang dipimpin Kalaksa BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Joni Amir Didampingi Sekretaris BPBD, Roni serta sejumlah Kasi, Kabid dan Camat Akabiluru, Kris Ladeva.

Joni Amir diawal sambutannya mengatakan bahwa MoU yang akan dilakukan bersama perwakilan Komunitas itu merupakan dari tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya yang juga digelar ditempat yang sama. Mantan Kabag Humas Pemkab Limapuluh Kota itu juga mengatakan Komunitas yang merupakan mitra BPBD itu diharapkan dapat berperan dalam penanganan bencana sehingga menjadi lebih baik.

” Ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan kita sebelumnya, Mudah-mudahan dengan MoU yang kita jalin dengan beberapa Komunitas ini dapat menciptakan penanganan bencana yang lebih baik.” ujarnya.

Joni Amir juga menyebutkan, peranan Komunitas ini diharapkan tidak saja saat terjadi bencana, namun juga sebelum, setelah terjadinya bencana dan mengantisipasi terjadinya bencana.

” Tentu dengan pelibatan Komunitas ini lebih jauh, kita berharap peranan tidak saja saat terjadi bencana, namun juga upaya untuk mengedukasi masyarakat terhadap bencana” tambahnya.

Sekedar diketahui, Kabupaten Limapuluh Kota yang berbatasan dengan Propinsi Riau, selama ini rawan dengan Bencana Banjir, Longsor, Kebakaran dan Puting Beliung. Beberapa daerah yang menjadi lokasi rawan dari bencana tersebut, Kecamatan Pangkalan, Harau, Situjuah dan Mungka. (Edw).

No More Posts Available.

No more pages to load.