Bripka. Zuyu Gianto Terima Pin Emas Kapolri

oleh -286 views

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Moment peringatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jajaran Polres Limapuluh Kota, khususnya bagi Seorang personilnya bernama Zuyu Gianto. Bhabinkamtibmas di Nagari Teladan Taram Kecamatan Harau itu menerima penghargaan dan Pin Emas dari Kapolri, Jendral Polisi, Idham Aziz yang diserahkan melalui Kapolda Sumbar, Irjen. Toni Harmanto di Mapolda Sumbar saat peringatan Hari Bhayangkara ke-74.

Bripka. Zuyu Gianto yang juga Sekretaris PSSI Kabupaten Limapuluh Kota itu, terpilih sebagai Juara I Tingkat Polda Sumatera Barat pada Pemilihan Polri sebagai Penggerak Revolusi Mental dan Tertib Sosial di Ruang Publik tahun 2020. Selama ini, Brigadir Kepala (Bripka) Zuyu Gianto, selain dikenal sebagai polisi yang aktif diberbagai kegiatan keagaamaan di Mapolres Limapuluh Kota maupun di daerah binaannya di nagari Taram Kecamatan Harau. Ia juga merupakan personil kepolisian yang aktif diberbgai kegiatan sosial dan olahraga. Puncaknya, ia pernah membawa Kabupateb Limapuluh Kota meraih medali emas Porprov. Brigadir Kepala  Zuyu juga kerap menggelar berbagai tournamen sepakbola untuk mengajak generasi muda menyalurkan hobby ke hal-hal yang positif.

Bripka. Zuyu yang pernah mengenyam pendidikan di MTSN dan MAN itu juga dikenal sebagai polisi yang agamis, jika berekesempatan datang ke Mapolres 50 Kota di kawasan ketinggian, ia selalu menyempatkan untuk sholat berjamaah, ia juga kerap menjadi imam dan memberikan ceramah singkat dan adzan. Presatasi Bripka. Zuyu yang mendapatkan Pin Emas dari Kapolri diharapkan pimpinan polres 50 kota bisa ditiru oleh personil lainnya.

“ Kita harapkan Bripka. Zuyu bisa memotivasi rekan-rekannya yang lain, sehingga keberadaan polisi sebagai pelindung dan pengayom masyarakat semakin dirasakan ditengah-tengah masyarakat, apalagi diusia Kepolisian RI ke-74.” Sebut Wakapolres Limapuluh Kota, Kompol. Efrizal baru-baru ini.

Sementara Bripka. Zuyu menyebutkan apa yang diraih merupakan prestasi, dorongan dan pembinaan yang diberikan pimpinan di Mapolres 50 kota sehingga ia bisa berbuat baik dan terus menjaga nama baik polisi. Namun yang tak kalah penting dalam menjalankan tugas sebagai Bhabinkamtibmas, ia mendapat dukungan dari tokoh dan unsur masyarakat.

“ Dukungan dan kerjasama yang diberikan tokoh dan seluruh unsur masyarakat harus terus diberikan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban, sehingga berbagai gangguan maupun tindakan kriminal bisa dicegah. Sehingga persoalan-persoalan bisa diselesaikan secara kekeluargaan sebelum dibawa ke ranah hukum.” Ucapnya. (Edw).