Budidaya Kambing Anglo Nubian

oleh -1.935 views
KAMBING ANGLO NUBIAN. (foto:ist/net)

Artikel ini Ditulis Oleh: Sirna Wati (Mahasiswi Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor)

Kambing Anglo Nubian adalah salah satu jenis kambing persilangan yang didapatkan dari kambing lokal inggris dengan kambing jantan India dan Afrika. Kambing ini mulai berkembang di inggris namun sekarang ini nampaknya sudah mulai populer dan menyebar keseluruh penjuru dunia.

Hewan ini cukup diminati karena banyak kelebihan yang dimilikinya. Kambing Anglo Nubian ini adalah jenis kambing pedaging dan kambing perah atau biasa dikatakan sebagai dwifungsi. Dikembangkan pada tahun 1920 hingga 1930an. Seperti disebut sebelumnya bahwa kambing ini adalah persilangan antar kambing perah Inggris kuno dengan pejantan dari India dan Afrika. Pejantan yang di pergunakan tepatnya adalah jenis kambing Zariby dan Numbian.

Kambing Anglo Nubian, banyak dikembangkan untuk tujuan sebagai bahan makanan, vitamin, dan gizi bagi tubuh. Memiliki kandungan lemak dan mentega yang cukup banyak 4,5-8 persen,dibandingkan jenis kambing perah lainnya.

Manfaat

  1. Mudah beradaptasi.
  2. Lapangan pekerjaan.
  3. Cepat berkembang biak.
  4. Merupakan alternatif sumber protein hewani.
  5. Adanya naluri flocking atau berkelompok.
  6. Modal awal relatif kecil.
  7. Alternatif tabungan

Tujuan

Ternak kambing Anglo Nubian adalah jenis aktivitas yang menguntungkan dan menyenangkan. Usaha yang memang jelas menghasilkan tanpa adanya spekulasi. Manfaat lain memelihara kambing Anglo Nubian selain untuk budidaya, kambing Anglo Nubian juda dapat dijadikan bahan makanan yang memiliki nilai gizi yang tinggi bagi kehidupan manusia.

Ciri-ciri kambing Anglo Nubian

  1. Bentuk tubuh

Pada jenis jantan bisa tumbuh hingga bobot 175 kg sedangkan betina sekitar 135 kg. Tinggi tubuh jantan sekitar 90 cm sedangkan jenis betina sekitar 80 cm. Anglo Nubian mempunyai bulu tubuh yang relatif pendek. Bentuk telinga panjang terurai. Dan bentuk kakinya cukup panjang dengan ekor yang pendek dan melengkung ke atas. Pada kambing betina, ambing susunya berukuran lebih besar.

  • Warna tubuh

Warna putih pada bagian tubuhnya. Ada juga yang terlahir dengan warna coklat, hitam, dan warna lainya. Corak warna ini adalah salah satu cara dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan.

  • Penghasil daging dan susu melimpah

Kandungan susu kambing ini sangat bagus komposisi lemak dan menteganya cukup banyak sehingga mencapai 5-8% dibandingkan jenis kambing perah lain.

Pakan

Pakan kambing secara umum dapat dibagi menjadi dua, yaitu pakan hijauan dan konsetrat. Rumput merupakan sumber tenaga atau energi yang baik bagi ternak kambing. Jenis rumput yang biasa diberikaan adalah rumput alam (rumput lapangan). Selain rumput, sisa hasil pertanian juga dapat di gunakan sebagai sumber tenaga atau daun jagung dan jerami padi. Pakan sebagai sumber protein yang baik untuk pertumbuhan kambing antara lain: daun kacang tanah, daun kacang panjang, daun kedelai, daun gamal, daun turi, daun lamtoro, dan daun  kaliandara. Karna banyak terdapat didalamnya gizi serta vitamin untuk pertumbuhan kambing yang baik.

Kandang

Kandang merupakan syarat keberlangsungan hidup ternak untuk berlindung. Bahan yang digunakan harus kuat, dan kadang dibuat panggung dan beratap dengan tempat pakan dan minum. Dingin kandang harus mempunyai ventilasi (lubang angin) agar sirkulasi udara lebih baik.

Ukuran kandang

  • Anak: 1×1,2 m /2 ekor ( lepas sapih)
  • Jantan dewasa: 1,2× 1,2 m /ekor
  • Dara/ Betina dewasa: 1× 1,2 m / ekor
  • Induk dan anak: 1,5 × 1,5 m/induk + 2 anak (syukur,2009)

Calon bibit

Bibit kambing Anglo Nubian jantan harus memiliki tubuh yang sehat, relatif panjang, dan tidak cacat. Kambing Anglo Nubian memiliki dada dalam yang lebar dengan kaki lurus dan kuat serta tumit tinggi serta penampilan gagah dan tidak cacat tipe ini yang cocok di jadikan sebagai calon bibit yang baik. Sedangkan kambing betina sehat, tidak terlalu gemuk dan tidak cacat, kaki lurus dan kuat dan alat kelaminannya normal. Kambing yang mempunyai sifat keibuan dan memiliki sifat normal, halus, kenyal, dan tidak infeksi.

Kesehatan

Kesehatan ternak kambing Anglo Nubian sangat penting, karna dalam membudidayakan kambing ini banyak terdapat gejala seperti sakit pada kambing. Dalam menjaga kesehatan kita harus memperhatikan segi makanan serta kandang yang ditempati oleh kambing Anglo Nubian. Kesadaran dalam pemiliharaan kambing ini juga diperlukan, hal ini dibuktikan dengan adanya kesadaran pemeliharaan kambing yang sesegera mungkin memangil petugas kesehatan hewan untuk pengobatan dan pencegahan berupa pemberian vaksin maupun vitamin untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan kambing.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.