Bupati Safaruddin Berikan Piagam Penghargaan untuk Sang Motivator Kompol Russirwan

oleh -172 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Komitmen Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo untuk mendorong dan meningkatkan sektor pertanian di daerahnya, guna mendukung pengembangan ekonomi masyarakat ternyata tidak hanya tertuang dalam Visi dan Misi Kepala Daerah saja.

Buktinya, Bupati Safaruddin terus memberikan dorongan dan motivasi kepada masyarakat tani untuk meningkatkan produktifitas pertanian yang dikelola para petani.

Bupati Safaruddin tak hanya sekadar memotivasi masyarakat tani saja, namun melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota, mantan Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota itu, juga mendorong pemberdayaan para petani dan kelompok tani termasuk para penyuluh pertanian agar berperan memberikan penyuluhan untuk merubah pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari petani sehingga dapat meningkatkan produksi yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian dari petani itu sendiri. 

Bupati Safaruddin saat membuka kegiatan Pertemuan Pemberdayaan Penyuluh Pertanian dan Penyuluh Pertanian Swadaya se Kabupaten Limapuluh Kota yang berlangsung di aula eks BP4K di Tanjung Pati, Harau, Kamis (23/6) mengatakan, tugas seorang penyuluh adalah merubah pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari petani sehingga dapat meningkatkan produksi yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian para petani.

“Jika kita melakukan studi banding ke sentra-sentra pertanian yang berhasil, ternyata sikap adalah kunci utama dalam mencapai keberhasilan tersebut. Sikap untuk mau belajar, sikap untuk mau bekerja keras dan sikap untuk mau berdisiplin,” ungkap Bupati Safaruddin.

Diakui Bupati Safaruddin, untuk berhasil dalam sektor pertanian juga diperlukan pengetahuan dan keterampilan. Tapi dua hal itu tidak akan berhasil, jika tidak didukung oleh sikap yang baik atau yang kita kenal dengan attitude.

“Hari ini hadir di tengah-tengah kita Bapak Kompol Russirwan, pejabat di Polda Sumatera Barat yang juga pernah menjabat sebagai Wakapolres Limapuluh Kota yang menunjukkan kepada kita bahwa sikap dan kemauan menjadikan beliau berhasil mengolah lahan tidur jadilahan produktif kebun cabai, kacang panjang, terong, dan jagung,” terang Bupati Safaruddin.

Lebih jauh diungkapkan Bupati Safaruddin, apa yang ditunjukkan Kompol Russirwan selaku Kasubagrenmin Rolog Polda Sumbar adalah sikap dan kemauan untuk belajar, berusaha, dan berdisiplin diri.

“Ayah (Kompol Russirwan) ini telah membuktikan bahwa siapa saja bisa berusaha dalam sektor pertanian jika mempunyai kemauan,” ujar Safaruddin.

POLISI INSPIRATIF

Dalam kegiatan Penguatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Kabupaten Limapuluh Kota itu memang dihadirkan langsung Kompol Russirwan untuk memotivasi terhadap para penyuluh yang hadir dari seluruh kecamatan di Luak Nan Bungsu itu.

“Jadi melalui kegiatan ini kita ingin menyampaikan pesan bahwasannya sikap adalah hal yang harus dirubah. Sikap adalah hal utama yang wajib dimiliki petani untuk mencapai tujuan agar berhasil,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Lima Puluh Kota, Witra Porsewandi.

Dijelaskannya, Limapuluh Kota memiliki lahan tidur yang luasnya mencapai 40.000 Hektare. Karena itu, di periode kepemimpinan Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri ditargetkan untuk membuka lahan tidur itu seluas 20.000 H yang akan dimaksimalkan untuk budidaya jagung.

“Karena tanaman jagung sangat menjanjikan. Apalagi kebutuhan jagung Kabupaten Limapuluh Kota sebesar 600 ton per hari, sementara produksi kita baru 100 ton sampai 150 ton,” terangnya.

Dan untuk memotivasi para penyuluh pertanian di Limapuluh Kota, pihaknya sengaja menggelar kegiatan dengan menghadirkan perwira polisi inspiratif Kompol Russirwan.

“Ayah menunjukkan kalau sikap dalam bertani adalah hal utama karena pengetahuan dan keterampilan yang bagus tanpa sikap atau atitude yang positif tidak akan bisa tercapai hasil terbaik. Dengan sikap yang baik, pengetahuan dan keterampilan bisa dipelajari,” terangnya.

Kompol Russirwan memang jadi salah satu inspirator di tengah petani-petani Limapuluh Kota saat ini. Sebagai perwira polisi aktif yang berdinas di Polda Sumbar, dia tidak segan menyingsingkan lengan baju untuk turun ke lahan pertanian untuk mengolah lahan tidur yang terletak di Nagari Koto Tangah Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota.

“Di sini Ayah menunjukkan bagaimana seorang perwira polisi aktif bisa berhasil melaksanakan usaha pertanian, dari Ayah kita ingin mengambil bahwa penyuluh bisa menyampaikan kepada petani bagaimana seorang seorang perwira Polri aktif bisa berhasil berhasil di pertanian, tentunya kita sebagai masyarakat awam yang sehari-hari.

Sebagai sosok yang telah menginspratif, kehadiran Kompol Russirwan pada acara pertemuan Pemberdayaan Penyuluh Pertanian dan Penyuluh Pertanian Swadaya se Kabupaten Limapuluh Kota itu tak hanya sebagai nara sumber untuk memberikan motivasi kepada para penyuluh.

Namun karena keberadaan Kompol Russirwan telah menginspirasi petani, Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota memberikan Piagam Penghargaan kepada Kompol Russirwan, karena sebagai anggota Polri aktif keberadaan “ayah’ banyak dampak positif kepada masyarakat, khususnya dibidang pertanian. (ds)

No More Posts Available.

No more pages to load.