,

Bupati Safaruddin: Cukup Rogoh Kocek Dua Ribu Rupiah Saja, Berenanglah Sepuasnya

oleh -1.686 views

 

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

KOMITMEN pasangan Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo- Rizki Kurniawan Nakasri untuk menggali potensi sektor pariwisata sebagai program prioritas yang telah tertuang dalam Visi-Misi Kepala Daerah, ternyata bukan hebat di atas kertas saja.

Buktinya, untuk mewujudkan Kabupaten Limapuluh Kota sebagai daerah kunjungan wisata guna meningkatkan sektor ekonomi masyarakat dan daerah, pasangan Bupati-Wakil Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo- Rizki Kurniawan terus berupaya menggali potensi sektor pariwisata yang tersembunyi di ranah Luak Nan Bungsu ini. 

Dari sekian banyak potensi sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, salah satu destinasi wisata yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi sebagai tempat rekreasi keluarga adalah objek wisata alam pemandian Aia Baba yang terletak di Jorong Aia Baba, Nagari Halaban, Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Objek wisata alam pemandian Aia Baba ini, sangat berbeda dengan objek wisata alam yang ada di daerah lain. Pasalnya, air yang ditampung di kolam-kolam tempat para wisatawan mandi bersenang-senang sambil berenang, ternyata airnya yang sangat jernih dan sejuk bersumber dari mata air yang menggalir cukup deras dari atas perbukitan.

Selain memiliki pesona alam nan indah dan menakjubkan, para wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata pemandian alam Aia Baba ini, tidak perlu merasa khawatir akan menghabiskan uang banyak, karena tiket masuk ke objek wisata pemandian alam ini sangatlah murah dan dipastikan terjangkau oleh semua kalangan dan golongan.

“ Cukup dengan merogoh kocek Rp2000 saja, para wisatawan atau pengunjung sudah bisa mandi dan berenang sambil berkecimping sepuasnya,” ungkap Bupati Safaruddin saat datang berkunjung melihat potensi objek wisata pemandian alam Aia Baba Panasera, Rabu (6/10/2021).

Didampingi Ketua PT-PKK Limapuluh Kota, Ibu Nevi Zulvia Safaruddin, Camat Lareh Sago Halaban, Drs. Elfi Zen, Walinagari Halaban, Eka Rinaldi, S.Pt dan Ketua Bamus Hamdan, Bupati Safaruddin mengakui bahwa potensi pariwisata pemandian alam Aia Baba, punya potensi untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, karena keberadaannya sangat menakjubkan dan sangat menarik untuk dikunjungi.

“ Saat ini objek wisata pemandian Aia Baba sudah dibenahi oleh Pemerintahan Nagari Halaban dengan kondisi cukup bagus. Selain sudah ditata dengan baik, di lokasi pemandian sudah dilengkapi dengan kolam renang untuk pengunjung dewasa dan anak-anak, sehingga menambah daya tarik untuk dikunjungi bagi keluarga,” ungkap Bupati Safaruddin. 

Bupati Safaruddin juga mengakui, potensi sektor pariwisata yang ada di Nagari Halaban, tidak hanya terkenal dengan kawasan perkebunan teh peninggalan masa penjajahan Belanda saja. Namun Nagari Halaban juga memiliki potensi pariwisata Arum Jeram yang sangat memantang dan kerab dijadikan sebagai tempat berlangsungnya iven-iven olahraga Arum jeram baik tingkat daerah dan Nasional.

Menurut Bupati Safaruddin, potensi sektor pariwisata yang ada di Kecamatan Lareh Sago Halaban ini, diharapkan kepada pememrintahan nagari agar terus digali dan dikembangkan menjadi destinasi wisata yang memiliki daya tarik untuk dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan lokal dan mancanegara.

“Jika hal ini dapat diwujudkan, tentu sektor pariwisata yang ada di daerah ini, akan menjadi sumber pendapatan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Bupati Safaruddin.

Dikatakan Bupati Safaruddin, dalam pemerintahannya sesuai dengan Visi dan Misi Kepala Daerah, seluruh pemerintah Nagari yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota diminta untuk kreatif dan punya inovatif untuk menggali potensi wisata yang ada di di daerahnya.

“ Soalnya, sektor pariwisata yang ada di Nagari memiliki potensi sangat besar untuk dapat dikembangkan guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Banyak potensi alam yang dapat digali dan dikembangkan menjadikan destinasi wisata baru di Kabupaten Limapuluh Kota. Salah satu contoh potensi wisata alam yang sangat menjanjikan karena memiliki pesona alam nan sangat indah dan dapat dijadikan sebagai daerah kunjungan wisata bagi keluarga adalah objek wisata pemandaian alam Aia Baba,” ujar Bupati Safaruddin.

Diakui Bupati Safaruddin, di lokasi objek wisata pemandaian alam Aia Baba, para pengunjung tidak hanya bisa mandi-mandi sepuasnya. Namun selera parawisatawan juga akan terpuaskan dengan pemandangan alam nan indah sambil menikmati sejuknya semilir angin yang bertiup lembut dari puncak Bukit Barisan.

Tak hanya itu, untuk memuaskan selera para wisatawan yang datang berkunjung ke objek wisata pemandaian alam Aia Baba, pihak pengelola objek wisata telah menyiapkan tempat duduk untuk berswafoto sambil menikmati lezatnya menu makanan yang dapat dinikmati sesukanya.

Bupati Safaruddin juga menyatakan bahwa objek wisata Aia Baba yang terletak di kawasan perkampungan penduduk yang berudara sejuk, memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

“Di lokasi ini ada panorama alam nan indah dengan air terjunnya nan sangat menangjubkan. Disekitarnyaada tempat pemandian alam dan beberapa kolam pancing. Lokasi objek wisata alam Aia Baba ini berjarak sekitar 28 Km dari Kota Payakumbuh dan objek wisata ini mulai ramai dikunjungi para wisatawan, terutama pada hari libur dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat dan dua,”pungkas Bupati Safaruddin. (doddy sastra)

No More Posts Available.

No more pages to load.