Cegah Penyebaran Covid 19, Jajaran Kodim 0306/50 Kota Tindak Pelanggar PSBB di Payakumbuh

oleh -890 views

Payakumbuh, dekadepos.com

Guna menekan penyebaran virus Covid 19, jajaran Kodim 0306/50 Kota, dibawah komando Dandim Letkol Kav Ferry S Lahe melakukan penindakan dan penegakan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara menyeluruh di Kota Payakumbuh, pada Selasa (26/5/2020).

Hal ini sejalan dengan perintah Danrem 032/Wirabraja untuk menegakkan PSBB tahap ke-2 di Provinsi Sumatera Barat yang disusul oleh perintah presiden melalui panglima TNI dan Kapolri.

Setidaknya, Ada 4 Provinsi yang mendapatkan perintah untuk penegakan aturan PSBB secara komprehensif yaitu Jawa Barat, Gorontalo, Jakarta, dan Sumatera Barat.

“Penegakan kali ini, dibentuk 7 tim untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, seperti penggunaan masker, physical distancing, serta penindakan kepada warga yang masih bandel tak hiraukan himbauan pemerintah” ujar Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe, Selasa sore.

Selain itu, juga dilakukan penindakan di berapa titik seperti Pasar ibuh, Pasar Kanopi barat, Pasar Kanopi timur, Toko swalayan Budiman baru, Toko swalayan Budiman lama, Toko swalayan Niagara, dan Toko swalayan Mulia. “Ada 57 Personel diturunkan, dibantu anggota Polres Payakumbuh dan Satpol PP” papar Letkol Ferry kepada media.

Dikatakan, tim gabungan akan terus aktif menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Payakumbuh agar mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Seperti jaga jarak, pakai masker, menggunakan Hand satinizer, selalu cuci tangan, dan lebih baik banyak di rumah saja karena orang tanpa gejala (OTG) ramai berkeliaran.

“Angka positif Corona saat ini sedang mengalami peningkatan, upaya ini kita lakukan untuk menekan penyebaran virus berbahaya ini, setidaknya kita bisa terus mengajak masyarakat untuk disiplin kesehatan di tengah pandemi ini,” ujar Letkol Ferry.

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Payakumbuh Devitra juga siap menerima laporan bila warga mendapatkan adanya aktifitad keramaian dan tidak mematuhi protokol Covid-19.

“Kita siap menindak yang masih tidak taat aturan, ini demi keselamatan bersama, kita berharap masyaralat juga kooperatif dengan tim gabungan,” pungkasnya. (edw)