Dandim 0306/50 Kota : Kami Hadir Bukan Untuk Menakuti

oleh -301 views

Payakumbuh, Dekadepos.com

Jelang berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tahap III dan masa Transisi New Normal, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kota Payakumbuh menggelar Apel Akbar Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19. Kegiatan tersebut digelar di Bawah Kanopi Pusat Pasar Payakumbuh Jalan Jendral Sudirman, Kamis 28 Mei 2020 sekitar pukul 20.00 Wib.

Hadir langsung Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh, Riza Falepi, Wakil Ketua Tim Gugus, Erwin Yunaz yang juga Wakil Walikota Payakumbuh, Kapolres, Dandim 0306.50 Kota, Letkol. Kav. Ferry S. Lahe serta sejumlah anggota Tim Gugus tugas lainnya.

Dari pantauan di Lokasi yang sebelumnya Viral karena aksi rusuh pedagang Pusat Pasar yang membongkar pagar pembatas masuk pasar itu, terlihat anggota TNI yang hadir lebih mendominasi personil gabungan lainya. Kepada wartawan, Dandim mengatakan bahwa mendukung pelaksanaan Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan di Payakumbuh untuk percepatanan penanganan Covid-19 didaerah itu, pihaknya sesuai Intruksi Presiden kepada Kapolri dan Panglima TNI, siap mendukung dan sinergis dengan  Polri (Polres.red) di daerah untuk melakukan edukasi dan himbauan kepada warga dalam menegakkan aturan, sehingga tidak ada lagi warga yang melanggar aturan.

“ Sesuai Intruksi Pak Presiden kepada kapolri dan Panglima TNI, maka jajaran TNI dari atas sampai kebawah siap bersinergi untuk melakukan edukasi dan menghimbau masyarakat untuk sama-sama menegakkan aturan. Kami hadir tidak untuk menakuti-nakuti.” Sebutnya.

Letkol. Kav. Ferry S. Lahe juga menyebutkan, dalam penegasan Penegakkan Protokol Kesehatan di tahap III PSBB ini, kehadiran anggota TNI nantinya mencapai angka ratusan orang. Mereka akan mengedukasi dan mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker, jaga jarak dan lainnya.

“ Kita akan mengedukasi protokol kesehatan kepada masyarakat, jumlah personil yang kita kerahkan di PSBB tahap tiga mencapai 220 orang, kita ingin masyarakat lebih disiplin.” tutupnya.

Sementara Kapolres Payakumbuh, AKBP. Dony Setiawan menyebutkan bahwa pihaknya bersama tim gabungan telah melakukan penindakan atau menjaring ratusan orang yang tidak menggunakan Masker sejak awal Pemberlakukan PSBB tahap I dan II. Mereka yang terjaring dilakukan pembinaan dan membuat surat pernyataan.

Berbeda dengan PSBB I dan II, pada PSBB tahap III ini, Kapolres menyebutkan pihaknya akan mengedepankan pembinaan dan penyadaran, namun tidak tertutup kemungkinan akan tetap ditindak jika melawan kepada petugas yang bertugas.

“ Penindakan sudah kita lakukan pada saat PSBB tahap I dan II, bahkan jumlah mereka yang kita tindak dan bina hampir menyentuh angka 400 orang. Kali ini (PSBB III.red) mudah-mudahan tidak sampai kesitu, karena kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang salah satunya memakai Masker, mulai meningkat.” Ujarnya.

Namun jika ada yang tetap melawan setelah diedukasi dan beri penyadaran, Dony menyebut tidak tertutup kemungkinan akan kembali diangkut/diproses ke Mapolres Payakumbuh.

Sebelumnya, Ketua Tim Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh, Riza Falepi dalam sambutanya mengatakan bahwa penindakan yang dilakukan Tim Gugus Tugas yang terdiri dari berbagai unsur adalah untuk pendisiplinan warga dan tuntutan demi keselamatan lebih  banyak warga Payakumbuh. jangan hanya karena ulah satu atau dua orang warga yang tidak menggunakan Masker saat ke Pasar Payakumbuh berakibat fatal dan merugikan orang banyak.

“ Penegakkan aturan yang kita lakukan adalah untuk pendisiplinan warga. Jangan sampai ada yang meremehkan. Pada prinsipnya kita akan tetap humanis dalam penegakkan aturan,namun jika tidak bisa didisiplinkan, ya mungkin pak Kapolres dan pak Dandim yang akan beri intruksi.” Ucapnya.

Walikota Payakumbuh dua periode itu juga menyebutkan, kedepan saat PSBB tahap III yang akan diterapkan hingga tanggal 7 Juni dan menuju New Normal, pihaknya terus menghimbau dan mengingatkan agar tidak ada lagi warga yang ke Pasar yang tidak menggunakan masker, titik kumpul bisa menjaga jarak serta rajin cuci tangan.

“ Kedepan, mudah-mudahan tidak ditemukan lagi warga yang ke pasar tidak menggunakan masker.”. ucapnya.

Usai Apel Akbar, Tim Gugus Tugas melakukan Pemantauan ke Pos Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19 Kota Payakumbuh di Pos Lantas Payakumbuh. (Edw).