Dandim Letkol Kav Ferry Lahe: Jalani Hari Raya Idul Fitri Secara Sederhana

oleh -113 views

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Dandim Letkol Kav Ferry Lahe dalam giat apel pagi Jum’at Barokah (15/5/2020) yang digelar di Makodim 0306/50 Kota di Jalan Raya Negara Tanjung Pati, Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, menegaskan kepada jajarannya untuk menjalani Idul Fitri secara sederhana dan di rumah saja.

“ Tidak beberapa hari lagi kita akan menjalani bulan kemenangan Hari Raya Idul Fitri. Namun kondisi idul Fitri yang kita hadapi saat ini, tidak sama dengan kondisi Idul Fitri tahun sebelumnya karena negara dan daerah kita sedang menghadapi musibah besar yakni mewabahnya virus corona atau Covid-19,” ujar Letkol Kav Ferry Lahe.

Ditekankan Letkol Kav Ferry Lahe, sesuai peraturan yang telah ditetapkan dalam PSBB yang telah diberlakukan di kawasan Propinsi Sumatera Barat mulai tanggal 22 April hingga 5 Mei 2020 dan telah diperpanjang mulai tanggal 6 sampai 29 Mei 2020, semua pihak termasuk prajurit TNI dijajaran Kodim 0306/50 Kota harus berperan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“ Untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, sesuai aturan SPBB telah dilakukan pembatasan aktivitas masyarakat termasuk pembatasan dalam melakukan kegiatan termasuk kegiatan keagamaan,” ungkap Letkol Kav Ferry Lahe.

Dikatakan Letkol Kav Ferry Lahe, sekaitan dengan aturan yang telah ditetapkan dalam PSBB tahap dua yang akan berakhir pada tanggal 29 Mei 2020, sedangkan Hari Raya Idul Fitri 1441 H jatuh pada tanggal 24-25 Mei 2020. Berarti, pelaksanaan Idul Fitri diselenggarakan bertepatan dengan pelaksanaan PSBB.

“ Karena perayaan Idul Fitri masih dalam tahap PSBB dan sesuai dengan imbuan MUI, maka pelaksanaan sholat Idul Fitri dilakukan di rumah saja dengan kondisi yang sederhana,” ujar Letkol Kav Ferry Lahe.

Dandim Letkol Kav Ferry Lahe juga menegaskan, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh dikenal sebagai daerah yang rawan bencana . Sebagai prajurit TNI AD, semua anggota Kodim 0306/50 Kota diminta untuk tetap siaga, karena sewaktu-waktu akan dibutuhkan untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tersebut.

Pada giat apel pagi Jum’at Barokah yang diikuti seluruh jajaran Kodim 0306/50 Kota, Dandim Letkol Kav Ferry Lahe menyerahkan paket sebagai tali asih kepada anggotanya termasuk untuk pegawai sipil yang bertugas di lingkungan Kodim setempat termasuk mitra kerja wartawan untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. (Edw).