Dapat Rumah, Warga Taeh Terimakasih Pada Bupati Irfendi

oleh -46 views

Limapuluh Kota, Dekadepos. Com

Sari (35) tampak begitu bahagia. Warga Jorong Koto Kociak Kenagarian Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh itu tak henti-hentinya mengucap kata syukur.

Rasa bahagianya seketika memuncak bercampur haru ketika ia mengetahui kedatangan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi yang akan meresmikan rumah barunya, kemaren.

“Hari ini saya Betul-betul bahagia mendapatkan rumah layak huni bantuan Pemkab Limapuluh Kota. Saya sangat berterimakasih kepada Bupati Irfendi Arbi yang telah memberikan bantuan rumah layak huni ini bagi kami, ” ungkap Sari dengan mata berkaca-kaca yang diamini Erianto (59) dan Emi (63) yang juga mendapatkan bantuan rumah serupa pasca ludesnya kediaman mereka dalam peristiwa kebakaran akhir tahun 2019 lalu.

Ibu rumah tangga itu tidak bisa membayangkan bisa memiliki rumah lagi usai dilanda musibah kebakaran beberapa bulan silam. Berkat kepedulian Bupati Irfendi Arbi, mimpinya untuk memiliki rumah layak huni terwujud.

“Alhamdulillah, saya sangat bahagia mendapatkan rumah ini. Tanpa adanya bantuan, sulit bagi kami bisa membangun rumah seperti ini. Kini kami bisa menikmati rumah yang aman dan nyaman seperti ini,” ucap Sari yang dianggukan Erianto.

Bupati Irfendi Arbi usai meresmikan dan menyerahkan rumah Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tersebut, meminta para pemiliknya benar-benar menjaga dan merawat tempat tinggalnya itu dengan sebaik-baiknya. Ia berharap rumah baru itu benar-benar menjadi istana bagi para penghuninya. Tak kalah pentingnya diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan rumah dimaksud.

“Hari ini saya resmikan rumah milik keluarga ibu Sari, bapak Erianto dan ibu Emi, semoga hunian ini menjadi tempat yang sehat, aman dan nyaman bagi keluarga bapak dan ibu, ” tutur Irfendi.

Dikatakan, program pembangunan rumah layak huni bagi warga kurang mampu tersebut akan terus dilanjutkan tahun ini. Stimulan itu merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan rumah layak huni.

Menurut Irfendi, partisipasi masyarakat Taeh Baruah dalam kegiatan bedah rumah warga in patut diapresiasi. Buktinya, realisasi rumah bantuan sebanyak tiga unit di Taeh Baruah itu selesai melebihi target.

“Saya melihat partisipasi masyarakat dalam pembangunan rumah layak huni ini sangat menggembirakan. Kita berharap peran serya masyarakat juga terus meningkat dalam berbagai program pembangunan di nagari ini,” ujar Irfendi.

Terpisah Kepala Dinas Likungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Pemukiman dr. Adel Novirman menjelaskan masing-masing keluarga mendapatkan bantuan dana stimulan sebesar Rp17,5 juta rupiah. Berkat adanya swadaya masyarakat dan pihak lainnya, menjadikan rumah bantuan itu terealisasi melebihi nilai bantuan.

“Bantuan rumah layak huni ini mungkin tidak seberapa, namun berkat adanya swadaya masyarakat, menjadikan rumah itu terealisasi melebih nilai stimulus yang kita berikan, ” tutur Adel.

Senada Pj. Wali Nagari Taeh Baruah Hasrul Chaniago juga mengucapkan terimakasihnya kepada Bupati Irfendi Arbi. Berkat adanya bantuan pemerintah, menjadikan warganya bisa memiliki rumah yang layak huni. (edw)