Datangi Wamentan, Ini yang Disampaikan Harvick Hasnul Qolbi Kepada Bupati Safaruddin

oleh -170 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo memang sudah berkomitmen akan mendorong dan mendukung pertumbuhan sektor pertanian dan peternakan yang menjadi andalan  ekonomi bagi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota.

Dan, itulah sebabnya, mantan Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota itu tak pernah lelah dan terus berjuang mati-matian ke Pemerintah Pusat untuk mendapatan dukungan anggaran pembangunan guna mendorong tumbuh dan berkembangnya sektor pertanian dan peternakan yang ada di daerah ini.

Sejalan dengan komitmen Pemerintah Pusat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, keinginan pemerintah untuk mendorong sektor pertanian untuk mendukung ketahanan pangan nasional, memang tidak perlu diragukan lagi.

Dan, berangkat dari komitmen Pemerintah Pusat akan memberikan dukungan terhadap pertumbuhan sektor pertanian tersebut, Bupati Safaruddin mendatangi Wakil Mentri Pertanian (Wamentan RI) Harvick Hasnul Qolbi di Jakarta, Rabu (29/6/2022) untuk menyampaikan harapan agar Pemerintah Pusat mengucurkan dana pembangunan untuk mendorong pertumbuhan sektor pertanian dan sektor peternakan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Usai menghadap Wamentan, Bupati Safaruddin kepada media ini menyebutkan bahwa Wamentan RI Harvick Hasnul Qolbi menyambut baik dan memberikan respon positif terhadap program pembangunan sektor pertanian dan peternakan yang menjadi prioritas Pemkab Limapuluh Kota.

“Alhamdulillah, Pak Wamentan Harvick Hasnul Qolbi merespon positif program sektor pertanian dan sektor perkebunan yang kita sampaikan. Termasuk berjanji akan menyikapi proposal yang kita ajukan untuk diperjuangkan di Perintah Pusat,” ujar Bupati Safaruddin.

Diakui Bupati Safaruddin, saat menghadap Wamentan Harvick Hasnul Qolbi, dia bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Witra Porsewandi, dan Kepala Dinas Peternakan Drh. Devi Kusmira, memaparkan potensi sektor pertanian dan sektor peternakan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, termasuk masalah pengendalian hama yang saat ini sedang dihadapi para petani jeruk Siam Gujuang Omeh (Jesigo) serta masalah hewan ternak sapi dan kerbau yang saat ini terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Tak hanya itu, ungkap Bupati Safaruddin, kepada Wamentan Harvick Hasnul Qolbi, dia juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota sedang konsen dengan program prioritas pembukaan lahan jagung seluas 20.000 hektar dengan memanfaatkan lahan tidur.

“ Program pembukaan lahan jagung untuk memenuhi kebutuhan pangan dan pakan ternak ini, mendapat dukungan penuh dari Wamentan Harvick Hasnul Qolbi. Dan kita sangat berharap dukungan untuk menumbuhkan sektor pertanian ini mendapat kucuran dana dari Pemerintah Pusat. Pasalnya, anggaran yang tersedia pada Pemerintrah Kabupaten Limapuluh Kota untuk mendorong pertumbuhan sektor pertanian termasuk sektor peternakan ini memang sangat tidak memadai,” pungkas Bupati Safaruddin. (ds)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.