David Bakri: Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Latina Siap Jalankan PSBB Tahap Tiga

oleh -61 views

PAYAKUMBUH, dekadepos.com –

Secara resmi, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap dua akan berakhir hari ini, Jum’at tanggal 29 Mei 2020. Namun, untuk menekan penyebaran virus corona atau covid-19 di kawasan Ranah Minang, pemerintah Propinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Kota Payakumbuh sudah membuat keputusan untuk memperpanjang PSBB tahap III sampai tanggal 7 Juni 2020.

Lantas, bagaimana Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina) dibawah kendali Camat Latina, David Bakri S.STP,M.Si, selaku ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Latina menyikapi kebijakan Pemprov Sumbar dan Pemko Payakumbuh yang telah membuat keputusan akan melanjutkan PSBB tahap ketiga sampai  tanggal 7 Juni 2020 mendatang?

Diwawancara anggota Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Payakumbuh dari unsur media di ruang kerjanya, Jum’at (29/5/2020) Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Latina, David Bakri mengaku siap menjalankan protap PSBB yang telah ditetapkan pemerintah.

Diakui David Bakri, sesuai dengan penekanan Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan disikapi oleh Ketua Tim Gugus Tugas  Covid-19 Kota Payakumbuh, Riza Falepi, hakekatnya memberlakukan PSBB tahap tiga tujuannya  adalah untuk menekan penyebaran virus corona atau covid-19 di daerah ini.

Menurut David Bakri, sesuai arahan Ketua Tim Gugus Tugas  Covid-19 Kota Payakumbuh, Riza Falepi, menyatakan ada empat penekanan yang dilakukan dalam perpanjangan PSBB tahap tiga. Antara lain penekanan tersebut adalah melakukan persiapan dan pelaksanaan tahap-tahap menuju new normal dengan melakukan pengurangan pembatasan-pembatasan selama PSBB.

Artinya, ulas David Bakri, selama PSBB tahap tiga akan ada upaya mendisiplinkan masyarakat mengikuti protokol pencegahan Corona. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk turut mendisiplinkan masyarakat melaksanakan protokol Covid-19.

Yang pasti, ujar David Bakri, semua penekanan yang telah ditetapkan dalam PSBB tahap ketiga tersebut, akan disikapi oleh Tim Gugus Tugas Kecamatan Latina.  “Artinya, penerapan PSBB tahap ketiga, mewajibkan kepada warga masyarakat untuk mempergunakan masker setiap keluar dari rumah, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak,” ungkap David Bakri.

Diakhir wawancara David Bakri mengakui, dari 13 Posko Covid-19 yang didirikan di enam kawasan Kelurahan di Kecamatan Latina, semua posko-posko tersebut tetap dioperasikan dengan melibatkan personil Tim Gugus Tugas Covid-19 kecamatan Latina dan rekawan serta semua elmen masyarakat.

Melalui media ini, David Bakri, menimbau seluruh masyarakat Kecamatan Latina untuk mematuhi protokol pencegahan Corona, sehingga Kota Payakumbuh bisa terbebas dari ancaman dan bahaya penyebaran virus corona.  (doddy sastra)