Deputi 3 Bidang Perekonomian Kunjungi Gapoktan Albasiko I

oleh -61 views

Pasaman Barat, Dekadepos.com

Dalam percepatan peningkatan ketahanan pangan Nasional, Pemerintah Pusat Menerjunkan Staf Kepresidenan Deputi 3 Bidang Perekonomian ke Gapoktan Albasiko I persawahan Sialang Bunuik Kinali Kabupaten Pasaman Barat dalam kegiatan monitoring padi Biofortifikasi dan RJIT dalam menyerap isu-isu ketahanan pangan di lapangan.

Dalam kegiatan yang digelar Kamis 21 Oktober 2021 tersebut hadir tim sebanyak 6 orang diantaranya ialah Panutan S. Sulendrakusuma (Deputi III Bidang Perekonomian Kantor Staf Kepresidenan), Bustanul Arifin (Tenaga Ahli Utama)
, Aji Erlangga (Tenaga Ahli Madya), Asmiati A. Malik (Tenaga Ahli Madya), Siti Khairani Elhakim (Tenaga Ahli Muda), Bella Scholastica ,Tenaga trampil.

Kedatangan rombongan pusat itu disambut langsung Wakil Bupati Pasaman Barat H. Risnawanto, SE dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Pasaman Barat, Dinas Perkebunan dan petani, kelompok dan Gapoktan.

Dalam penyampaiannya Bustanul Arifin selaku tenaga ahli Utama Deputi III bidang perekonomian Kontar Staf Kepresidenan Republik Indonesia menjelaskan, bahwa ini adalah salah satu harapan secara nasional sebagai cikal bakal munculnya padi Biofortifikasi yang pertama di dunia ditanam langsung oleh petani.

Tambahnya bahwa dirinya berpesan kepada pemerintah agar kegiatan kelompok Tani selalu ditunjang, demi ketahanan pangan baik lokal maupun nasional.

Sementara Wakil Bupati Pasaman Barat H. Risnawanto, SE menyampaikan selamat datang kepada Rombongan Deputi III bidang perekonomian Kantor Staf Kepresidenan Republik Indonesia yang telah berkunjung diranah tuah basamo Kabupaten Pasaman Barat dalam monitoring isu-isu penguatan pangan dan perekonomian khususnya.

Risnawanto menambahkan bahwa di Setiap kelompok yang ada di Kabupaten Pasaman Barat belum semua memakai alih teknologi dalam bidang pertanian disebabkan keterbatasan ALSINTAN yang di miliki kelompok, begitu juga dengan persoalan pupuk bersubsidi masih kurang, untuk itu ia berharap melalui tim dari Deputi III bidang perekonomian kantor Staf Kepresidenan yang turun bisa mengalokasikan sebagian dana APBN atau DAK bidang perekonomian khususnya Pertanian untuk perbaikan irigasi, subsidi pupuk, ALSINTAN dan kebutuhan lain yang berkaitan dengan kelompok bidang pertanian.

Sementara itu ketua Gapoktan Albasiko I Bunuik, Syamsuri meminta kepada tim Deputi III bidang perekonomian Kantor Staf Kepresidenan RI kiranya dapat mengalokasikan dana buat normalisasi Batang bunut sepanjang 3 km yang mengelilingi persawahan sialang agar tidak terdampak banjir.

” Diarea seluas Lebih kurang 300 hektar ini kita kelompok maupun GAPOKTAN masih mengharapkan adanya bantuan berupa ALSINTAN yang memadai, karena dalam percepatan Musin Tanam (MT) tidak mungkin tercapai tanpa adanya dukungan dari pemerintah dalam bentuk Alsintan, untuk itu kita berharap baik pusat, tingkat I maupun pemerintah daerah kabupaten Pasaman Barat, menganggarkan dalam dukungan ALSINTAN demi tercapai percepatan tanam dan alih teknologi dalam bidang Pertanian khususnya.” Ucapnya. (SMS/ Af)

No More Posts Available.

No more pages to load.