Dijadwalkan Buka 11 April 2020, Berikut Syarat Pendaftaran Program Pra Kerja

oleh -985 views

Nasional, dekadepos.com

Dijadwalkan pada 11 April 2020 ini, program Kartu Prakerja akan dimulai. Bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya tak hanya bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan, tetapi juga buruh, karyawan, dan pegawai, yang memenuhi syarat yang ditentukan.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono menjelaskan, mereka yang dapat mendaftarkan diri antara lain.

1. Warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas Tidak sedang sekolah atau kuliah boleh mendaftar.
2. Mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) karena imbas wabah virus corona juga bisa mendaftarkan diri.

Menurutunya, pendaftar tidak harus pengangguran. Lulusan universitas unggulan dan sudah bekerja tetap juga bisa mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.

Adapun beberapa tahapan pendaftaran diantaranya,

1. Lakukan Pendaftaran dengan cara Masuk ke situs prakerja.go.id dan buat akun di laman tersebut. Pendaftaran baru bisa dilakukan setelah dibuka pada 11 April 2020. Beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain data diri, NIK, nomor ponsel, dan alamat email. Setelah selesai melakukan pendaftaran, lakukan verifikasi.

2. Peserta harus mengikuti tes terlebih dahulu dan lulus agar bisa mendapatkan Kartu Prakerja. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar di web Prakerja untuk bisa bergabung dalam gelombang pendaftaran dan tunggu pengumuman hasilnya.

3. Pilih pelatihan di Mitra Platform Digital Resmi dan bayar dengan Kartu Prakerja. Adapun platform yang bekerja sama adalah, Tokopedia, Skill Academy, Mau Belajar Apa, Bukapalak, Pintaria, Sekolahmu, Kemnaker, dan Pijar.

Ada berbagai bidang pelatihan yang bisa dipilih. Misalnya, di Tokopedia, ada bidang bahasa, kesenian, fashion, tata boga, fotografi, jasa, pengembangan diri, media, sertifikasi, olahraga dan kesehatan, dan lain-lain.

Setelah selesai memilih pelatihan, ikuti instruksi di laman tersebut. Selanjutnya akan ada opsi untuk membayar. Pilih metode pembayaran “Kartu Prakerja” dan jika punya kode promo bisa dimasukkan. Ikuti prosesnya hingga berhasil melakukan pendaftaran.

4. Ikuti pelatihan Informasi tentang teknis waktu pelatihan belum diberitahukan oleh Kemenko Perekonomian. Jika sudah berhasil mendaftar, Anda diharuskan menyelesaikan pelatihan online di platform yang dipilih. Setelah pelatihan, sertifikat elektronik bisa didapatkan.

5. Beri ulasan dan rating Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan. Langkah ini wajib dilakukan agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

6. Insentif pasca pelatihan Dapatkan insentif Rp 600 ribu/bulan selama 4 bulan setelah menyelesaikan pelatihan.

7. Insentif pasca survei kebekerjaan Isi 3 survei yang diberikan pasca pelatihan dan dapatkan insentif Rp 150 ribu untuk setiap survei. Manfaat Kartu Prakerja Apa saja manfaat yang bisa didapat peserta Program Kartu Prakerja? Dilansir dari laman Kementerian Ketenagakerjaan, peserta Kartu Pra Kerja akan mendapatkan pelatihan dan insentif.

Insentif bantuan pelatihan totalnya Rp 3.550.000. Adapun rinciannya meliputi: Biaya bantuan pelatihan: Rp 1.000.000 Insentif penuntasan pelatihan: Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan Insentif survei kebekerjaan: Rp 150.000. Dana tersebut akan ditransfer secara bertahap selama 3-4 bulan ke dompet digital atau e-wallet peserta program.

Dilansir laman FAQ Tokopedia soal prakerja, bantuan diberikan secara non-tunai. Selain itu, setiap orang hanya berhak mendapatkan bantuan sekali saja. Meski demikian, bantuan tersebut bisa digunakan untuk mengikuti beberapa kali pelatihan. Kartu Prakerja tidak bisa dipindahtangankan kepada orang lain. (*)

Sumber:kompas