DISDUKCAPIL PAYAKUMBUH MUSNAHKAN 10 RIBU LEBIH E-KTP

oleh -271 views

PAYAKUMBUH,Dekadepos.com

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh memusnahkan sebanyak 10.832 keping KTP Elektronik (E-KTP) yang sudah invalid. Pemusnahan dilakukan di halaman Kantor Balaikota Payakumbuh, Eks Lapangan Poliko, Bunian, Rabu (19/12/2018) sore, dengan cara dibakar.

Pemusnahan berasal dari 9.682 keping percetakan tahun 2011 hingga 2013 yang datanya dilampirkan by name by address atau E-KTP yang pemiliknya sudah mengubah data. Kemudian E-KTP yang tidak diambil oleh pemiliknya dari tahun 2011-2013. Pasalnya, pada tahun ini E-KTP di keluarkan oleh Kemendagri, bukan dari Disdukcapil mapun kecamatan di Kota Payakumbuh. Disamping itu, ada juga 1.150 keping E-KTP yang tidak terbaca identitasnya karena sudah rusak dan terkelupas.

Kepala Disdukcapil disaksikan Unsur Forkopimda, Bawaslu, Ketua KPU, Kesbangpol dan Kaban Satpol PP membakar KTP-El rusak, pindah alamat dan pindah status, di Balikota Payakumbuh

“Semua KTP Elektronik yang kita bakar itu KTP invalid. Itu bisa rusak, bisa karena perubahan elemen data yang ada di dalamnya sehingga tidak sesuai lagi dengan pemegangnya, itu kita tarik,” kata Kepala Dispendukcapil Kota Payakumbuh, Yanida Fatwa S.Sos, M.Si usai pemusnahan E-KTP.

Selain itu faktor lain dilakukannya penarikan E-KTP invalid, katanya, juga karena ada kepindahan warga dari luar daerah yang masuk Kota Payakumbuh. Sehingga KTP lama warga tersebut otomatis dinyatakan tidak berlaku.
Ia menjelaskan, pembakaran tersebut sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri dalam surat edarannya No 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember tentang penatausahaan KTP Elektronik rusak atau invalid.

Kepala Disdukcapil menandatangani berita acara pemusnahan KTP-EL di Balikota Payakumbuh

“Dalam surat tersebut dijelaskan agar E-KTP bekas untuk dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar. Dengan begitu maka diharapkan lebih aman, tidak mengundang kecurigaan dan tidak disalahgunakan,” jelasnya.

Disebutkannya, pembakaran E-KTP ini baru pertama kali dilakukan oleh Disdukcapil Payakumbuh dan dipastikan akan ada lagi kegiatan serupa dikemudian hari. Pasalnya, akan ada terus E-KTP invalid yang ditarik oleh dari masyarakat. Hal itu seiring adanya perubahan data warga pemegang E-KTP.

Kepala Disdukcapil memberikan sambutan pemusnahan Ribuan KTP di Balaikota Payakumbuh

“KTP yang rusak lagi dari masyarakat pasti ada. Karena ada masyarakat yang pindah, meninggal dan punya KTP baru. Kita akan bakar lagi secara periodik,” tambahnya.

Senada, Ketua DPRD Payakumbuh, YB Dt Permato Alam, berharap dengan dimusnahkannya KTP rusak dan Invalid ini tidak ada lagi yang tercecer atau disalah gunakan.”Jangan sampai nanti disalahgunakan ke hal-hal yang tidak benar,”sebutnya.

Pembakaran KTP-El di Balaikota Payakumbuh

Menurutnya, jika ada warga yang KTP-el yang sudah tidak berlaku lagi atau alih status segera diganti dengan mendatangi Kantor Dukcapil setempat. “Menjelang tahun politik penyalagunaan KTP-el rawan dilakukan oleh pihak-pihak yang tak bertanggungjawab. Oleh karena itu pemusnahan ini menjawab setiap pertanyaan yang ada,” jelasnya.(Adv)