DISPARPORA DAN PDBI BIKITTINGGI GELAR PELATIHAN MARCHING BAND

Bukittinggi. Dekadepos.com.

Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Pemko Bukittinggi bekerjasama dengan Pengurus Drum Band Indonesia (PDBI) Cabang Kota Bukittinggi kembali menggelar Pelatihan Marchingband Tingkat Kota Bukittinggi Ke-V Tahun 2020.  Pelatihan yang akan diikuti 102 pemain dari berbagai sekolah SLTP dan SLTA di Bukittinggi, akan dilakukan dari tanggal 23 Pebruari – 25 September 2020.

Pelatihan ini merupakan rangkaian dari salah satu program andalan Disparpora Tahun 2020, yaitu Fasilitasi Pelatihan dan Lomba Marchingband dengan sasaran menciptakan tim Marchingband yang andal milik Pemko Bukittinggi yang sudah berdiri sejak lima tahun lalu dengan nama Marchingband Gita Jam Gadang (MBGJG).

Kepala Disparpora Supadria, mewakili Walikota Bukittinggi dalam acara Pembukaan Fasilitasi dan Pelatihan Marchingband yang digelar di Gedung Olahraga Bermawi Gulai Bancah Bukitttinggi menegaskan, bahwa program pelatihan machingband diadakan rutin setiap tahunan sebagai bukti perhatian Pemko yang sudah melihat manfaat pelaksanaan marchingband selama ini, namun diharapkan kepada pemain untuk tetap mengutamakan pelajaran sekolah.

“Oleh karena itu pelatihan ini dirasakan sangat perlu agar para para pemain yang berasal dari berbagai sekolah ini bisa dibekali ilmu sehingga siap menjadi pemain marchingband yang andal dan mampu nanti tampil secara baik pada lomba marchingband tingkat nasional maupun internasional dan pertunjukan memeriahkan acara Pemko Bukittinggi” ujar Supadria di GOR Bermawi Gulai Bancah, Bukittinggi, Minggu (23/2).

Menurut Supadria, pihak Disparpora berharap program pelatihan yang digelar ini bisa  menjadi investasi jangka panjang untuk membina atlet Marchingband sebanyak mungkin. Tidak hanya itu, mantan Kepala DKP yang telah berhasil membawa kembali Piala Adipura ini berharap, pemain marchingband yang tergabung dalam Tim Marchingband Gita Jam Gadang (MBGJG) bisa menjadi Marchingband ternama di Sumatera Barat dan Indonesia.

Sementara itu Ketua PDBI Kota Bukittinggi, M. Nur Idris menyampaikan apresiasi dan mengatakan sangat berterima kasih kepada Pemko Bukittinggi yang kembali menyelanggarakan kegiatan fasilitasi dan pelatihan marchingband bagi pelajar se-Kota Bukittinggi tahun 2020.  Diakuinya, tanpa dukungan Pemko maka kegiatan marchingband ini tidak mungkin bisa diadakan.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Wakikota dan Disparpora atas kegiatan pelatihan ini. Kami menyadari tidak mungkin bisa mrlakukan pelatihan dan pembinaan pemain marchingband tanpa dukungan Pemko. Pelatihan dan pembinaan ini biayanya mahal dan teknis juga tidak mudah. Namun alhamdulilah di tahun kelima ini Pemko masih memfasilitasi kegiatan marchingband” ujar M. Nur Idris juga Ketua Harian MBGJG.

Pada kesempatan pembukaan pelatihan itu, M. Nur Idris menyampaikan salam dan permohonan maaf dari Katua Umum MBGJG, Maderizal yang tidak bisa hadir karena sedang ada tugas kedewanan DPRD Bukittinggi. Sesuai arahan Ketum MBGJG Maderizal, pelatihan ini disiapkan untuk mengikuti lomba Indonesia Marching Arts Chompinsip (IMAC) tingkat Internasional yang akan akan diikuti 11 negara di Pekanbaru Riau, 25-27 September 2020 serta Grand Prix Marching Band (GPMB) 2020 di Jakarta, 28-30 Desember 2020. (Edis)