Dituding Anti Islam, Begini Curhatan Jokowi ke Ma’ruf Amin

Jakarta,dekadepos.com

Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi kerap curhat soal tudingan anti-Islam yang kerap diarahkan kepadanya.

Bacaan Lainnya

“Saya sampaikan kepada beliau, bagi orang yang salah pengertian yang benar pun disalahkan. Kalau pada dasarnya tidak suka, dikasih alasan apa pun mentok,” kata Ma’ruf Amin saat wawancara eksklusif Tempo di kediamannya, Jumat dua pekan lalu.

Ma’ruf mengaku heran dengan tudingan yang menyebut Jokowi anti-Islam. Padahal, kata dia, dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019, Jokowi sudah menggandeng ulama sebagai pendamping. Menurut Ma’ruf Amin, tudingan bahwa Jokowi anti-Islam adalah cara paling efektif agar masyarakat membenci calon presiden inkumben itu.

Ma’ruf mengatakan ia pun kerap berdialog dengan orang-orang yang percaya Jokowi anti-Islam. “Setelah saya beri pengertian, mereka menjadi sadar. Semakin hari banyak yang sadar. Banyak kiai jadi paham. Makanya, hampir setiap hari ada deklarasi kelompok pendukung kami,” ujar Ma’ruf.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengatakan kerap memberi pengertian dengan mengajak masyarakat berpikir obyektif bahwa Jokowi telah banyak membuat kebijakan yang berpihak kepada umat Islam.

Contohnya, kata Ma’ruf, dengan menetapkan Hari Santri Nasional. Menurut Ma’ruf, hari santri diperingati karena keterlibatan ulama dalam kemerdekaan. Ma’ruf mengatakan tokoh santri Hasyim Asyari yang membuat Fatwa Jihad telah membakar semangat rakyat terutama di Surabaya dan sekitarnya, sehingga menginspirasi peristiwa 10 November 1945, yang diperingati sebagai Hari Pah….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *