Divisi Humas Polri Sebut Ada 6 Terduga Teroris Ditangkap di Sumbar

oleh
ilustrasi

Sumbar, dekadepos.com

Total terduga teroris yang diamankan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Provinsi Sumatera Barat berapa hari belakangan ini mencapai 6 orang.

Hal ini diungkapkan, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan pada Senin 22 Maret 2021.

Penangkapan pelaku merupakan pengembangan dari kelompok di Jatim yang sudah dibawa ke Jakarta.

“Tital ada 22 tersangka yang diamankan, 2 tersangka teroris ditangkap di Jakarta, 6 di Sumatera Barat dan 14 di Sumatera Utara,” sebutnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Menurutnya, pengembangannya adalah pada tanggal 19 Maret 2021 kemarin, 22 tersangka teroris yang baru ditangkap ini berkaitan dengan 22 tersangka teroris yang ditangkap di Jawa Timur pada akhir Februari 2021 lalu.

“Mereka semua masuk ke dalam jaringan Jamaah Islamiyah (JI).Jadi semua masih dikembangkan oleh Densus dan ini termasuk ke dalam jaringan Jamaah Islamiyah. Sekarang masih dikembangkan Densus,” terangnya.

Rusdi menegaskan Densus 88 masih terus melakukan pengembangan. Adapun 22 tersangka teroris yang baru ditangkap ini juga masuk ke dalam kelompok Fahim.

Meski tidak dijelaskan secara rinci, didaerah mana saja diamankan 6 terduga teroris di Sumbar tersebut, namun berdasarkan pantauan media ini pada Jumat (19/3), Densus 88 menangkap sejumlah terduga teroris di daerah Bukittinggi dan Padang, serta menggeledah dua rumah di Payakumbuh.

“Memang ada Densus 88 melakukan penangkapan terduga teroris. Cuma kita tidak bisa menjelaskan secara mendetail. Kita hanya membenarkan saja,” kata Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Stefanus Satake Bayu membenarkan. (rdo)