DPRD dan Rombongan Wartawan Semarang Study Banding ke DPRD Bukittinggi

oleh -299 views

Bukittinggi, Dekadepos.com
           
Unsur Pimpinan dan anggota Komisi B, Sekwan beserta Sekretariat DPRD Kabupaten Semarang bersama 13 orang wartawan yang tergabung dalam Kelompok Kerja Wartawan melakukan Studi Banding tentang Pengelolaan Dan Pengkomunikasian Informasi Kegiatan DPRD dan hasilnya melalui Media Massa ke DPRD Kota Bukittinggi, Selasa (17/3).
           
Rombongan yang dipimpin Ketua DPRD Kab.Semarang, Bondan Marutohening bersama tiga wakil Ketuanya, Nurul Huda, Musayinul Arif dan M.Jauhari Mahmud serta Sekwan Budi Kristiono itu diterima oleh Ketua Komisi III DPRD Bukittinggi, Maderizal bersama unsur sekretariat DPRD dan Jajaran Pengurus Bukittinggi  Parlemen Jurnalis (BPJ).

Ketua DPRD Kab.Semarang Bondan Marutohening mengatakan studi banding yang diadakan ini terkait, hubungan DPRD Bukittinggi berhubungan dengan wartawan dan apa program DPRD bersama wartawan.

Disamping itu juga ingin tahu tentang anggaran untuk media serta bagaimana bentuk ekspose media di DPRD Kota Bukittinggi. Dan Kita juga ingin tahu tentang pengelolaan dan pengkomunikasian informasi kegiatan DPRD dan hasilnya melalui media massa,” ujar Bon dan Marutohening.

Ketua Forum Wartawan Kab. Semarang Hendro Teguh P ( Wartawan Kompas TV) juga menanyakan kondisi wartawan, media internal DPRD dan prosedur  penggantian uang transport wartawan khususnya di DPRD Bukittinggi.

Ketua Komisi III DPRD Kota Bukittinggi, dalam kesempatan itu menjelaskan, para wartawan di Bukittinggi ada yang berposko di kepolisian, Kodim, Pemko Bukittinggi , DPRD dan sebagainya. Mereka juga terdiri dari sejumlah organisasi Kewartawanan seperti PWI, AJI, IJTI dan sebagainya.

Untuk Wartawan yang berposko di DPRD,mereka tergabung dalam “Bukittinggi Parlemen Jurnalis (BPJ)”,semenjak kehadiran BPJ ini tugas tugas Kedewanan cukup terbantu, terutama dalam pemberitaan. Sebab kita dari DPRD, membutuhkan publikasi setiap adanya kegiatan DPRD, agar diketahui oleh masyarakat, ujar Maderizal politisi Partai Demokrat tersebut.

Sebaliknya, kita tidak menutup 
pintu bagi wartawan lain untuk meliput kegiatan DPRD Bukittinggi, tambahnya.

Sementara itu, Sekretariat DPRD melalui Kabag Risalah dan Persidangan Antoni Samawil didampingi Kasubag Yudi Andri dan Reni Nofrianti menjelaskan tentang anggaran untuk media dan ekspose kegiatan. Dimana, wartawan juga membuat Liputan Khusus atau Parlementaria seperti rapat paripurna. Dimana, wartawan mengumpulkan bahan atau difasilitasi oleh DPRD, ujarnya.

Ketua Bukittinggi Parlemen Jurnalis (BPJ), Y.A Fadhil mengatakan wartawan yang bergabung di BPJ memiliki aturan .Mereka harus memahami tugas, wewenang ,fungsi, hak dan kewajiban anggota DPRD. Artinya, bagi teman teman lain yang pingin bergabung dengan BPJ, mereka harus memahami apa itu tugas DPRD , Wewenang dan Fungsinya serta apa saja kewajiban dari anggota DPRD tersebut, ungkap Y.A Fadhil.

Hubungan DPRD dengan wartawan di Bukittinggi tidak ada jarak. Dan kita tidak hanya sekadar bertemu tapi juga berdiskusi tentang banyak hal, dalam rangka peningkatan wawasan,tambah Y.A Fadhil.

Seusai pertemuan di ruang Sidang DPRD,rombongan DPRD dan Forum wartawan kab.Semarang berkunjung di Sekretariat BPJ. Setelah saling Shering Informasi. Ketua DPRD Kabupaten Semarang Bondan Marutohening sangat bangga dan mengapresiasi kerjasama DPRD Bukittinggi dan wartawan Bukittinggi, khususnya BPJ. Untuk lebih terjalinnya hubungan Forum Wartawan kab.Semarang dengan BPJ, Bondan Marutohening mengundang BPJ datang berkunjung ke Kabupaten Semarang.
           
Adapun 13 Wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Kab.Semarang yang berkunjung ke BPJ Bukittinggi, Hendro Teguh P (Kompas TV), Ardi Widodo (TransTV) ,Aditya Bayu C (ANTV), Rismanto Budi (Wawasan), Erwin Khusnul Maarif (Rasika Radio), Bowo Pribadi (Republika), Ranin Agung (Suara Merdeka), Dahniar Yudha Eriyanto (Net TV), Fery Nugroho (Metro TV), Deni Setiawan (Tribun Jateng), Aji Setiawan (Antara),Maria Novena Sinduwara (Radar Semarang) dan Dian Ade Permana (Kompas.com).(edis)