DPRD Limapuluh Kota Sorot Keberadaan Pondok Pesantren ICBS

oleh -2.473 views

LIMAPULUH KOTA, dekadepos.com-

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Limapuluh Kota mendesak Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota dibawah kepemimpinan duet Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri untuk segera menyelesaikan keberadaan pondok pesantren Insan Cendikia Boarding School (ICBS) yang berdiri di lokasi wisata Lembah Harau, tepatnya di Jorong Lubuak Limpato, Nagari Tarantang Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, apakah keberadaannya sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Limapuluh Kota.

Dan tak kalah pentingnya, DPRD Limapuluh Kota meminta kepada Pemkab Limapuluh Kota agar segera membuat laporan terkait keberadaan bangunan pondok pesantren ICBS tersebut apakah sudah punya IMB.

Sorotan terhadap keberadaan bangunan pondok pesantren ICBS yang berdiri di lokasi kawasan wisata Lembah Harau itu, tertuang pada lembaran rekomendasi DPRD yang disampaikan pada rapat paripurna terbuka tentang Penyampaian Nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Limapuluh Kota Tahun Anggaran 2020 yang digelar di aula DPRD setempat, Jum’at (7/5/ 2021).

Diungkapkan DPRD, ICBS berdiri pada awal tahun 2015 dengan memakai izin IMB yang dikeluarkan oleh Walikota Payakumbuh. Sedangkan ICBS berdiri di wilayah Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut Perda RTRW Nomor 7 tahun 2012, ICBS berdiri ditempat wisata unggulan yang diperuntukan untuk pertanian dan perikanan penunjang pariwisata.

Untuk itu DPRD mengharapkan agar izin yang digunakan harus berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota, yang tentunya harus mengikuti pola atau aturan yang dikeluarkan oleh Kabupaten Limapuluh Kota sebagai syarat tetap berdirinya ICBS.

DPRD Kabupaten Limapuluh Kota menegaskan bahwa, rekomendasi yang telah diberikan untuk dapat ditindak lanjuti sebagaimana mestinya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (ds)