DPRD Sumbar Telah Serahkan Tuntutan Warga ke DPR-RI

oleh -340 views

Payakumbuh, dekadepos.com

Ketua DPRD Sumatera Barat, Supardi yang juga mantan Anggota DPRD Kota Payakumbuh, menyebutkan bahwa pihaknya (DPRD Sumbar.red) telah mengirimkan/menyerahkan sejumlah point tuntutan warga Sumatera Barat terkait penolakan terhadap Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP) ke DPR-RI di Jakarta.

Sebelumnya warga Sumatera Barat dari berbagai Kabupaten Kota melakukan aksi damai yang digelar Forum Masyarakat Minang di Mesjid Agung Nurul Iman Kota Padang – Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Ahad (Minggu.red) 5 Juli 2020. Selain menolak Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), warga juga Tolak Ideologi Komunis.

Beberapa hari pasca menggelar aksi damai, sejumlah tokoh di Sumatera Barat mendatangi ketua DPRD Sumbar, Supardi untuk menyerahkan tuntutan terkait RUU yang juga mendapatkan aksi penolakan dari Mahasiswa PoliteknikPertanian Negeri Payakumbuh.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPRD Sumbar, Supardi di sebuah Cafe di Kawasan Koto Nan IV Kota Payakumbuh saat menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 tahun 2019 tentang Pemberdayaan, Perlindungan Koperasi dan Usaha Kecil, Rabu sore 22 Juli 2020.

” Iya, untuk tuntutan warga Sumatera Barat terkait RUU HIP telah kita kirimkan ke Pusat.” Ucap Supardi.

Politisi Gerindra itu juga menambahkan, setiap kali ada aksi penyampaian aspirasi ke DPRD selalu ditanggapi oleh DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat. Jika kewenangannya terkait pemerintah pusat segera disampaiakan ke kementrian terkait, jika mengenai pemerintah Propinsi, DPRD akan membentuk tim untuk langsung menyikapi dan memanggil pihak terkait untuk menggelar Hearing. Sementara jika aspirasi disampaikan warga di kabupaten/kota di Sumbar, DPRD akan mengundang Kepala daerah atau DPRD nya untuk Hearing. (edw)