Dua Dari Tiga Warga 50 Kota ODP Telah Pulang

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Tien Septino.

Limapuluh Kota, Dekadepos.com

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Tien Septino, menyebutkan dua dari tiga warga Kabupaten Limapuluh Kota yang sebelumnya tergolong dalam Orang Dalam Pengawasan (ODP) karena  pulang bepergian keluar negeri, telah pulang dan dinyatakan negative Corona atau Covid-19, sementara satu orang lainnya masih menunggu hasil pemeriksaan.

Sebelumnya ketiga orang tersebut baru pulang dari Arab Saudi dan Singapura, setelah sempat dirujuk ke RSUP dr. M. Djamil Padang dan menjalani pemeriksaan, hasilnya dua orang warga tersebut negative corona, sehingga diperbolehkan pulang. Sejauh ini menurut Kepala Dinas Kesehatan, belum ada warga Kabupaten Limapuluh Kota yang terkena Corona, ia berharap kondisi tersebut akan terus bertahan, sehingga daerahnya aman dari Virus yang telah banyak menelan korban jiwa di berbagai Negara itu.

Tien juga terus menghimbau jajarannya meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman Virus Corona. selain itu, warga juga terus diingatkan untuk meningkatkan ketahanan tubuh, tidak banyak bepergian jika tidak penting dan segera memeriksaan diri jika mengalami sakit yang mencurigakan.

“ Dua dari tiga orang warga kita yang tergolong dalam ODP telah pulang dan hasilnya Alhamdulillah negative, artinya mereka tidak terkena Corona setelah pulang dari luar negeri. Sementara satu orang lainya masih  menunggu hasil, dan kita juga berharap hasilnya juga sama.” Sebut Tien Septino, Sabtu siang 22 Maret 2020.

Tien juga mengingatkan para orang tua dirumah untuk terus menjaga dan meningkatkan ketahanan tubuh anak-anak mereka, dengan banyak makan sayuran, makan buah-buahan dan terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga bisa mengantisipasi berbagai penyakit.

“ Kita dorong masyarakat dan para orang tua untuk melakukan pencegahan berbagai penyakit, sebab lebih baik mencegah daripada mengobati.”. tutupnya. (Edw).